Radiator Sehat Tapi Mesin Overheat? Ini Penyebabnya

    Ekawan Raharja - 13 Desember 2019 11:12 WIB
    Radiator Sehat Tapi Mesin Overheat? Ini Penyebabnya
    Kebocoran gasket silinder head bisa menjadi biang kerok mesin mobil overheat. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Permasalahan mesin overheat mayoritas disebabkan karena ada permasalahan di bagian radiator yang tidak bekerja secara optimal. Namun bila radiator sehat dan mesin tetap overheat, pemilik mobil patut mencurigai penyakit di komponen lainnya.

    Bisa jadi penyebabnya bisa dikarenakan gasket silinder head mengalami masalah. Komponen ini merupakan penyambung yang terletak di antara blok mesin dan kepala silinder, baik pada mobil bermesin bensin maupun diesel.

    Fungsi utama gasket silinder head yakni mempertahankan kompresi ruang bakar sekaligus mencegah kebocoran oli maupun cairan pendingin masuk ke ruang pembakaran. Jika terjadi kebocoran gasket silinder head, pertemuan antara blok mesin dan kepala silinder (silinder head) menjadi tidak rapat.

    Efeknya yang pertama adalah mesin mobil overheat, seperti dikutip dari Auto2000. Kebocoran gasket silinder head membuat air radiator mengalir sehingga mengganggu kerja sistem pendinginan mesin.

    Efek kedua adalah terganggunya performa mesin. Ini karena kebocoran gasket silinder head juga mengakibatkan kebocoran kompresi sehingga tenaga yang dihasilkan mesin berkurang. Hal tersebut akhirnya bakal menurunkan tenaga mesin karena salah satu syarat mesin dapat hidup dengan normal adalah terdapatnya tekanan kompresi yang cukup.

    Jika kerusakan ini terjadi, bengkel resmi biasanya langsung mengambill tindakan berupa penggantian gasket silinder head. Untuk menghindari resiko yang lebih parah, pemilik kendaraan bisa pula melakukan penggantian pada overhaul silinder head.

    Secara umum, kerusakan gasket silinder head terjadi karena faktor usia mobil. Akan tetapi, tetap ada tips agar umur komponen tersebut maksimal terutama pada kendaraan yang silinder head-nya menggunakan baut elastis region (bukan plastik region).

    Cara mencegah komponen ini rusak di tengah perjalanan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Untuk mobil-mobil Toyota biasanya akan pemeriksaan kekencangan (momen) baut silinder head secara periodik saat servis berkala setiap 10 ribu kilometer.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id