Kapan Waktu Tepat Mengganti Ban Motor?

    Ainto Harry Budiawan - 04 Januari 2018 11:49 WIB
    Kapan Waktu Tepat Mengganti Ban Motor?
    Selain sudah botak, ban yang retak dan licin juga harus diganti. Medcom/A. Harry Budiawan
    Ho Chi Minh City: Ban jadi komponen penting pada sebuah sepeda motor, karena kendaraan satu ini bertumpu pada dua roda saja. Otomatis ban punya peran vital untuk kontrol traksi, grip dan pengendalian.

    Lalu kapan waktu tepat mengganti ban? Dituliskan Motosaigon, ada beberapa indikator yang jadi penanda kalau ban sudah waktunya diganti.

    Pertama patokan pada jarak tempuh, umumnya ban motor diganti tiap 15.000 km. Namun jika jalan yang dilewati banyak rusak, berbatu, permukaan aspal, maka usianya bisa lebih pendek.
    Kapan Waktu Tepat Mengganti Ban Motor?
    Kedua, ban terasa licin dijalan basah atau traksi ban dirasa sudah tak mantap. Ini berarti pula daya cengkram ban pada aspal sudah tak maksimal lagi. Tentu lebih baik diganti bukan?

    Ketiga ban sudah mulai retak. Biasanya karena pemakaian yang cukup lama, dan akan mulai retak-retak pada bagian tepinya dan dindingnya.

    Keempat, motor terasa bergetar saat digunakan. Memang banyak penyebab motor bergetar, jika demikian segera periksa kondisi ban, kalau sudah tak layak secara fisik, lebbih baik diganti demi keselamatan.

    Kelima sudah pasti saat ban sudah aus. Alur ban sudah hilang atau menipis, Anda memeriksa dengan melihat thread wear indicator (TWI) yang biasanya berupa segitiga pada dinding ban.




    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id