Tips Otomotif

    Teknik Menyalip Kendaraan dengan Transmisi Matik

    Ekawan Raharja - 25 September 2020 14:00 WIB
    Teknik Menyalip Kendaraan dengan Transmisi Matik
    Ada teknik khusus yang harus diaplikasikan ketika menggunakan mobil matik. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Mobil dengan transmisi otomatis (matik) memiliki karakteristik yang berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Tentu saja ketika berada di jalanan, ada sejumlah teknik yang berbeda dan harus dipahami betul oleh pengendara.
     
    Khususnya teknik untuk mendahului/menyalip kendaraan yang ada di depan, ada sedikit perbedaan antara mobil matik dengan mobil manual. Mengingat apabila bermanuver dengan waktu yang kurang tepat, maka bisa saja terjadi kecelakaan di jalan akibat kehilangan momentum dan mobil kurang responsif.
     
    Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, menjelaskan ada teknik sederhana untuk memaksimalkan respon transmisi matik mobil. Teknik ini bisa digunakan saat melakukan mendahului kendaraan yang ada di depan, sehingga bisa mendahului dengan mudah dan aman.
     
    "Saat menyalip, pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke D-3. Usai mendahului, tuas transmisi bisa dikembalikan lagi ke posisi D," ucap Bambang melalui webinar beberapa waktu lalu.
     
    Bagi yang kurang terbiasa dengan teknik ini, akan merasakan sedikit merepotkan dan akan ada sensasi berkendara yang berbeda seperti suara mesin semakin menggerung karena putaran mesin meningkat dan kebiasaan menggeser tuas transmisi matik. Namun cara ini alangkah lebih baik dibiasakan demi kebaikan di jalan raya.

    Halaman Selanjutnya
      Masih Banyak yang Belum…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id