comscore

Trik Melewati Jalan Rusak, Pemotor Wajib Coba Cara Ini

Adri Prima - 25 Juni 2022 21:33 WIB
Trik Melewati Jalan Rusak, Pemotor Wajib Coba Cara Ini
Teknis berkendara di jalan rusak wajib dipahami pengendara motor. Dok Medcom
Jakarta: Kondisi jalanan rusak menjadi salah satu hal yang paling dibenci oleh kebanyakan pengendara motor. Pasalnya, jalan yang tidak mulus, bergelombang atau rusak tak hanya merusak kenyamanan berkendara namun juga berpotensi bahaya. 

Maka dari itu, pengendara motor perlu memahami teknik berkendara yang benar, agar tetap aman selama berkendara.
Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto membeberkan teknik dan cara yang tepat ketika pengendara motor melewati jalanan rusak.

Hal pertama pemotor disarankan memakai teknik berkendara dengan postur tubuh setengah berdiri. Melansir dari Autogear.id, berikut ini teknik dan cara melibas jalan rusak: 

1. Tetap kurangi kecepatan motor, tanpa mengganggu keamanan (angka kecepatan masing-masing orang bisa berbeda dan menyesuaikan situasi dan kondisi). Kurangi kecepatan secara wajar, hanya dengan menggunakan rem belakang. Atau dibantu dengan kombinasi rem depan, jika jarak sudah terlampau dekat. Sangat dianjurkan menghindari turunkan kecepatan secara drastis.

2. Mengangkat badan, demi mencegah goncangan dari motor, karena jalan yang dilalui tidak rata. Berdampak mengganggu konsentrasi berkendara. Pastikan tangan tetap lincah kuasai gerak setang ke kanan dan kiri. Saat berdiri, beban tubuh harus bertumpu pada lutut (telapak kaki di footstep/ floor step), gunakan lutut sebagai lengan ayun/peredam guncangan dari kendaraan. Pastikan seluruh jemari memegang setang dan apabila dibutuhkan juga mudah meraih tuas-tuas.

3. Tetap tenang dan selalu arahkan pandangan ke depan, atau tidak menunduk serta tengok kanan-kiri. Ini berguna sekaligus untuk memperhatikan permukaan jalan yang bakal dilalui.

Halaman Selanjutnya
4. Bukaan gas harus selalu…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id