Rawat Ban Cadangan agar Selalu Siap Digunakan

    Ekawan Raharja - 27 Juni 2019 15:39 WIB
    Rawat Ban Cadangan agar Selalu Siap Digunakan
    Tidak sedikit pemilik mobil, menurut Suparman, yang kurang mempedulikan kondisi ban cadangan. Auto 2000
    Jakarta: Ada alasan kenapa pabrikan menyediakan ban cadangan di setiap mobil, yakni untuk digunakan saat kondisi darurat. Secara fungsi komponen ini tak boleh dianggap remeh pemilik mobil, apalagi dalam menghadapi perjalanan jauh seperti liburan atau aktivitas harian.

    Menurut Kepala Bengkel Auto 2000 Yos Sudarso, Suparman, pemilik mobil wajib hukumnya untuk merawat ban cadangan agar kondisinya selalu terjaga. Dengan demikian, ban akan siap digunakan kapan saja dibutuhkan.

    “Sebenarnya tidak sulit merawat ban cadangan, sama saja seperti ban yang digunakan. Paling utama itu menjaga tekanan udaranya tetap stabil,” jelas Suparman melalui situs resmi Auto 2000.

    “Setelah itu menjaga kondisi karetnya, jadi bila darurat dibutuhkan ban sudah ready digunakan,” ujar Suparman.

    Tidak sedikit pemilik mobil, menurut Suparman, yang kurang mempedulikan kondisi ban cadangan. Bahkan ada sebagian yang justru tak pernah menenggok sama sekali sehingga saat akan digunakan kondisi sudah tak layak pakai.

    Rawat Ban Cadangan agar Selalu Siap Digunakan

    Hal tersebut membuat ban serep seperti hanya bagian dari aksesori atau pelengkap kendaraan saja. Penting untuk diketahui bila banyak kejadian akibat ban cadangan yang telalu lama disimpan membuat kualitas karetnya menurun, terutama untuk ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi karena minimnya udara di ruangan tersebut.

    Suparman mengingatkan paling tidak pemilik mobil satu bulan sekali melihat kondisi ban cadangan. Untuk menjaga material karet ban tetap baik, bisa juga dioleskan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban.

    Tapi bila mau maksimal, dianjurkan pemilik ban melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan. Dengan begitu, tingkat keausan ban antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan cadangan akan merata.

    “Rotasi atau pergantian ban baik dilakukan khususnya bagi yang dimensi ban cadanganya sama dengan ban yang digunakan. Adanya rotasi maka akan membuat karet dan kompon ban yang tidak pernah digunakan bisa bergerak, selain itu tingkat keausan permukaan ban juga akan merata,” tutup Suparman.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id