Tips Musim Hujan

Teknik Pengereman Motor Kopling saat Hujan

M. Bagus Rachmanto - 10 Januari 2019 08:35 wib
Perhatikan teknik pengereman yang aman saat hujan. Motorcycle
Perhatikan teknik pengereman yang aman saat hujan. Motorcycle

Jakarta: Musim hujan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia. Para bikers tentu saja harus lebih berhati-hati saat berkendara di bawah guyuran hujan, khususnya dalam teknik berkendara.

Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi menuturkan, disaat hujan, tanjakan dan turunan bisa jadi sangat berbahaya. Untuk itu Ia berbagi tipsnya.

"Bagi biker yang mengendarai motor kopling di tanjakan adalah dengan menjaga kecepatan tetap stabil di gear yang rendah. Jangan berpikir untuk berkecepatan tinggi di tanjakan, apalagi dengan gear yang tinggi," kata Herry kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sedangkan teknik di turunan, lakukan engine brake pada motor. Hal ini akan membuat laju motor melambat tanpa harus menggunakan rem. Anda juga tak akan khawatir motor akan selip. Karena motor aman terkendali. 



Selain teknik engine brake, sebaiknya bikers menggunakan rem belakang saja ketika berkendara di kondisi hujan. Terlebih untuk motor jenis matic.

Dia beralasan bahwa saat hujan jalanan menjadi lebih licin dan rawan slip. Sedangkan titik handling motor berada di ban depan. Jika ban depan slip, maka motor akan sulit untuk dikendalikan. Sementara jika ban belakang selip, pengendara masih bisa mengontrol motor lewat ban depan.

Apalagi saat kondisi ban belakang terkunci, biasanya kaki juga refleks melepas tuas rem. Mengingat, saat kondisi seperti ini, gerakan refleks biasanya sudah diantisipasi. Terpenting, fokus untuk mengendalikan motor tetap berjalan.


(UDA)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.