Safety Driving

    Demi Keamanan Parkir, Parking Brake Sebelum Masuk Transmisi P

    Ekawan Raharja - 02 Juni 2020 16:48 WIB
    Demi Keamanan Parkir, Parking Brake Sebelum Masuk Transmisi P
    Saat parkir, pengendara mulai memasukan transmisi ke mode N, kemudian mengaktifkan rem parkir, dan ditutup dengan memasukan transmisi ke mode P. Medcom.id
    Jakarta: Urusan parkir mobil merupakan kegiatan penting karena ini adalah kegiatan di awal dan akhir sebuah perjalanan. Tentu demi keamanan selama parkir, juga harus mengetahui triknya bagaimana meningkatkan sistem keamanannya agar mobil aman dari pencurian ataupun bergerak di area yang miring.
     
    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan pengendara harus tahu bagaimana memanfaatkan rem parkir dan transmisi P (untuk model otomatis) yang baik dan benar. Teknik kombinasi keduanya saat parkir memiliki fungsi mencegah mobil bergerak saat parkir dan umur transmisi lebih awet.
     
    "Kalau masalah safety, brake-nya itu di roda harus aktif, memang harus ditarik parking brake-nya (saat parkir). Perkara ada ganjalan di ban atau masuk gigi itu alternatif berikutnya," kata Sony melalui webinar.
     
    Dia menjelaskan untuk prosedur penggunaan transmisi P dan rem parkir ada caranya. Saat parkir, pengendara mulai memasukan transmisi ke mode N, kemudian mengaktifkan rem parkir, dan ditutup dengan memasukan transmisi ke mode P.
     
    "Harusnya parking brake dulu baru pindahin ke P. Banyak orang yang salah SOP-nya masuk ke P dulu baru parking brake," sebutnya.
     
    Menurut Sony ada beberapa kendaraan yang transmisi otomatisnya sensitif. Jika sering masuk ke mode P sebelum rem parkir maka yang mengunci roda lebih dulu adalah gearbox. "Kalau sering dilakukan, malah gearbox-nya itu cepat rontok menurut saya. Jadi harusnya rem parkir dulu, pengamannya adalah masukin ke P. Utamanya rem parkir," katanya.
     
    Hal serupa berlaku untuk mobil bertransmisi manual. Sony menyarankan jika ingin parkir dengan keadaan masuk gigi agar roda mobil terkunci oleh transmisi, maka sebaiknya masukkan gigi netral, tarik rem parkir, ketika mesin mati baru masukkan ke gigi 1 untuk mengganjalnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id