Tips Perawatan Kendaraan

    Trik Jitu Bersihkan Filter Udara Sepeda Motor dengan Benar

    Ahmad Garuda - 13 Mei 2020 12:14 WIB
    Trik Jitu Bersihkan Filter Udara Sepeda Motor dengan Benar
    Membersihkan filter udara di kendaraan roda dua, wajib mengetahui material filter agar tak salah perlakuan. DAM
    Bandung: Pentingnya filter udara di mesin kendaraan, termasuk motor, jadi penentu performa kendaraan. Kalau kondisi filter sudah kotor, maka akan membuat performa mesin jadi turun. Lalu untuk membuat performanya tetap baik, ada cara yang tepat untuk membersihkan filter berdasarkan materialnya.

    Filter udara terbagi menjadi 3 jenis yaitu urithane foam (busa), dry paper (bahan sejenis kertas, daya saring lebih bersih dibandingkan dengan jenis urethane foam), dan viscous paper (bahan sejenis kertas yang dilapisi oli).

    Untuk tipe jenis urithane foam dan dry paper, kedua jenis ini dapat digunakan kembali setelah dibersihkan dan jadwal perawatan berkalanya mengikuti jadwal perawatan rutin depeda motor (±4000 km).

    Sementara untuk viscous paper, jenis ini mempunyai daya saring yang paling baik namun tidak dapat dibersihkan atau digunakan kembali sehingga diwajibkan untuk melakukan penggantian secara berkala yaitu setiap penggunaan 16.000 km berlaku kelipatan.

    Namun yang harus pengguna tahu adalah setiap filter udara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan bahan dasarnya. Maka itu perawatannya pun berbeda beda sesuai dengan jenisnya masing masing.

    Berikut beberapa tips atau cara melakukan perawatan dan membersihkan dengan membedakan dari bahan dasarnya sehingga nantinya tidak akan mempengaruhi terhadap performance sepeda motor tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat filter udara tersebut baik dilakukan sendiri atau ke bengkel resmi Honda (AHASS)

    1. Air Cleaner Urithane Foam, jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala setiap ±4000 km berlaku kelipatan, caranya adalah :

    - Filter Udara dicuci menggunakan air detergen (tidak boleh menggunakan cairan yang mudah terbakar) atau cairan pembersih lalu kemudian diperas.

    - Keringkan dengan cara disemprot menggunakan alat penyemprot udara bertekanan.
    - Lumasi Filter Udara menggunakan oli.


    2. Air Cleaner Dry Paper, jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala setiap ±4000 km berlaku kelipatan sama dengan jenis Urithane foam tetapi caranya berbeda yaitu :

    - Semprotkan filter udara dari bagian belakang Filter Udara yang terdapat flame trap. Cara penyemprotannya ada 2 yaitu semprot Filter Udara menggunakan alat penyemprot udara bertekanan dari arah flame trap dengan arah penyemprotan secara Horizontal dengan jarak penyemprotan sekitar 3 cm atau semprot Filter Udara dari arah flame trap dengan arah penyemprotan secara vertical dengan jarak penyemprotan sekitar 3 cm.

    - Proses ini dilakukan sekitar 2 menit atau sampai terlihat tidak ada udara kotor yang keluar lagi

    - Semprotkan alat penyemprot udara bertekanan dari bagian depan dengan arah penyemprotannya membentuk sudut 45° dan jarak penyemprotannya 5 cm.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id