Cek Kerenggangan Klep Mesin Motor

    M. Bagus Rachmanto - 20 Agustus 2019 12:49 WIB
    Cek Kerenggangan Klep Mesin Motor
    Peyetelan klep menggunakan alat khusus. BR
    Jakarta: Kesulitan menyalakan mesin motor saat pagi? Atau merasa mesin kurang bertenaga, padahal motor relatif baru? Bisa jadi karena setelan klep (valve) yang tidak pas.
     
    Klep ini punya tugas sebagai katup buka-tutup gas bakar masuk dan keluar ruang pembakaran. Buka-tutup klep diatur oleh noken as (camshaft). Setelan kerenggangan klep yang dimaksud adalah jarak antara klep dengan noken as pada posisi bebas.
     
    Dituliskan Bikesrepublic, saat mesin panas, maka meterial dalam mesin, termasuk klep akan memuai dan jarak ini untuk mengakomodir pemuaian tersebut. Itulah kenapa setelan klep berpengaruh terhadap performa mesin.

    Mengatur celah kerenggangan klep dengan tepat, bisa memberkan performa mesin yang optimal. Jika celah terlalu besar, maka akan timbul suara kasar. 

    Jika celah terlalu sempit bahkan tak ada celah, tenaga mesin tak optimal. Celah antara klep dengan noken as biasanya sudah diatur oleh pabrikan. 

    Pengaturan celah klep pun menggunakan alat khusus yang disebut fuller gauge. Penyetelan klep ini bisa dilakukan setiap servis besar atau sesuai rekomendasi pabrikan motor.

    Tentu ini akan sangat berguna bagi yang senang melakukan bongkar pasang jeroan mesin. Namun jangan coba-coba untuk membongkar sendiri tanpa mengerti dasar-dasar bekerjanya mesin secara optimal. Lantaran bisa berakibat fatal dan menyebabkan mesin rusak.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id