Jelang Musim Hujan, Yuk Cek Kondisi Wiper Mobil

    Ekawan Raharja - 08 November 2019 09:29 WIB
    Jelang Musim Hujan, Yuk Cek Kondisi Wiper Mobil
    Cek kondisi wiper jelang musim hujan. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai hujan secara perlahan, meski Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia mulai Januari 2020. Sebelum musim hujan dimulai, pemilik mobil harus bersiap-siap untuk menghadapinya dan salah satunya dengan memeriksa wiper mobil.
     
    Jika musim hujan turun, wiper mobil menjadi komponen yang penting untuk menjaga visibilitas pengemudi selama perjalanan. Kondisinya harus dalam kondisi terbaik agar bisa menyeka air yang ada di kaca secara maksimal dan menjaga jarak pandang pengendara.
     
    Tidak ada salahnya kalau pemilik mobil mengganti karet wiper yang sudah mulai kaku. Penggunaan karet yang sudah mengeras tidak akan maksimal dalam membersihkan kaca dan resiko kaca tergores sangat tinggi.
     
    "Efek panas kaca mobil yang diparkir di bawah matahari membuat karet wiper di mobil bisa cepat mengeras," kata mekanik di Auto2000 Yos Sudarso Jakarta, Abdul Rohman, kepada medcom.id beberapa waktu lalu.
     
    Pun begitu juga dengan kondisi karet wiper kaca belakang yang harus diperhatikan. Mengingat komponen ini sama pentingnya dengan wiper di depan untuk menjaga visibilitas ke belakang ketika melihat kaca spion tengah.
     
    "Saat cuaca hujan kita cenderung melihat spion dalam, untuk melihat kondisi kendaraan di belakang, di sini efektifnya wiper belakang,” jelas Marketing Communication 1Station, Deky Arjuna, di kesempatan yang berbeda.
     
    Untuk memastikan fungsi wiper belakang bekerja dengan baik, sebaiknya sering mengoperasikan komponen yang satu ini. Juga untuk mencegah macet dalam komponennya yang mungkin saja terjadi korosi karena tak pernah digunakan. Jadi jangan pernah diabaikan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id