Tips Mobil

    Selaraskan Sudut Ban agar Mengemudi Nyaman

    Ekawan Raharja - 28 Juli 2020 13:47 WIB
    Selaraskan Sudut Ban agar Mengemudi Nyaman
    Jika mengikuti anjuran pabrikan, perawatan wheel alignment sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau apabila kendaraan telah menempuh jarak 20.000 kilometer. Doc Medcom.id
    Jakarta: Kenyamanan dalam berkendara ditentukan oleh berbagai banyak hal dan faktor, salah satunya yang cukup terasa adalah ban. Kondisi ban akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan selama perjalanan serta kestabilan mengemudi.

    Kondisi ban beraneka ragam, tidak hanya sekadar melihat kondisinya, tetapi keselarasan ban juga akan berpengaruh terhadap  stir, suspensi, dan kinerja. Apabila tidak selaras setir terasa tidak stabil, bergetar, atau berat, disusul gerak ban yang cenderung miring ke sisi tertentu saat kendaraan sedang melaju.

    Kondisi tersebut menandakan adanya perubahan angle ban mobil dari factory setting atau posisi awal. Solusi tepat untuk masalah ini adalah perawatan wheel alignment (penyelarasan roda kendaraan) atau Spooring.

    “Pengendara dapat memeriksa kondisi wheel alignment secara mandiri dan mudah dengan mengecek Tread Wear Indicator (TWI) dan alignment indicator yang telah diletakkan di tiap ban. Alignment indicator berbentuk dua pasang lubang kecil di kedua sisi luar dari masing-masing telapak ban. Jika posisi ban bermasalah, salah satu lubang dari alignment indicator akan terkikis terlebih dahulu sehingga tidak perlu menebak-nebak dari pengukuran kasat mata,” kata President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin, melalui keterangan resminya.

    Teknologi alignment indicator pertama di Indonesia telah hadir di ban Hankook seri Kinergy di tahun 2013 lalu. Seri produk ini kemudian mengalami perkembangan menjadi Kinergy Eco2, dan kini seri Ventus juga sudah menerapkan teknologi tersebut.

    Jika mengikuti anjuran pabrikan, perawatan wheel alignment sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau apabila kendaraan telah menempuh jarak 20.000 kilometer. Namun, hal ini bukan merupakan patokan yang baku sehingga sebaiknya para pengendara tetap mengecek alignment indicator ban mobil secara rutin.

    Khusus untuk setiap pembelian 2 unit ban Hankook di bengkel 1Station, konsumen bisa mendapatkan layanan spooring gratis senilai Rp 200 ribu. Layanan spooring yang tepat akan membantu mengembalikan posisi kemudi dan ban ke posisi semula hingga kembali selaras, keausan ban merata, dan kendali mobil menjadi lebih stabil sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara secara menyeluruh.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id