Tips Otomotif

    5 Langkah Pengujian Keamanan Helm Agar Lulus SNI

    Ekawan Raharja - 08 April 2021 10:00 WIB
    5 Langkah Pengujian Keamanan Helm Agar Lulus SNI
    Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja



    Cibinong: Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan pengendara sepeda motor karena berfungsi melindungi kepala. Tentu saja ketika memilih helm yang tepat, harus benar-benar memperhatikan kualitasnya dan jangan sampai menggunakan helm yang tidak teruji kemampuannya.
     
    General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin, menjelaskan produksi helm yang ada di Indonesia harus memenuhi standar-standar dan regulasi yang berlaku di Tanah Air. Di Indonesia soal produksi helm pun sudah diatur, dan apabila memenuhi standar maka akan mendapatkan cap Standar Nasional Indonesia (SNI).
     
    "Membuat helm dengan kualitas terbaik menjadi perhatian penting dan tentu sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811:2007 yang menetapkan spesifikasi teknis untuk helm pelindung yang digunakan oleh pengendara dan penumpang kendaraan bermotor roda dua. SNI ini meliputi klasifikasi helm standar terbuka (open face) dan helm standar tertutup (full -face)," ungkap Endin Nasrudin Rabu (7/4/2021) melalui jumpa pers daring.
     
    Dia menambahkan, helm produksi Cargloss sudah memenuhi regulasi SNI 1811:2007, JIS 8133:2007, dan ECE:2002. Bahkan mereka membocorkan, ada 5 pengujian yang dilakukan di laboratorium untuk memastikan kualitas helm yang dipasarkan sesuai dengan standar yang ditetapkan, yakni:
     

    1. Tracking Points

    Alat yang berfungsi untuk menentukan titik pengujian pada helm. Ada 4 titik pengujian dalam 1 helm; bagian atas helm; bagian samping kanan helm; bagian samping kiri helm; dan bagian belakang helm.

    Halaman Selanjutnya
      2. G– Shock Test…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id