Modifikasi Jok, Bisa Menghanguskan Garansi Mobil?

    Ahmad Garuda - 29 Agustus 2019 12:01 WIB
    Modifikasi Jok, Bisa Menghanguskan Garansi Mobil?
    Modifikasi jok mobil yang rentan menghilangkan fungsi airbag, bisa menggugurkan garansi. Karllson
    Jakarta: Personalisasi kendaraan tidak hanya dilakukan di sektor eksterior, namun juga bisa dilakukan di sektor interior kendaraan. Termasuk bagian kabin seperti jok. Biasanya dengan alasan sepele, yaitu tak ingin kulit jok aslinya kotor karena daki, debu atau tumpahan makanan atau susu bayi.

    Namun ada hal lebih vital yang harus Anda perhatikan di atas semua itu. Yaitu soal garansi mobil yang bisa saja hangus atau rusak gara-gara melakukan modifikasi jok. Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Hendrik Wiradjaja, mewanti-wanti bahwa hal itu harus diperhatikan.

    "Di beberapa tipe mobil, jok bagian depan itu sudah dilengkapi dengan airbag atau kantung udara yang akan mengembang ketika terjadi kecelakaan. Tujuannya untuk melindungi pengemudi dan penumpangnya dari benturan fatal. Namun jika jok dimodifikasi dan menghalangi kinerja sistem ini, maka garansi kendaraan bisa gugur," ujar Hendrik kepada medcom.id beberapa waktu lalu.

    Ia juga menegaskan bahwa konfigurasi kantung udara sebagai sistem safety di mobil, ini juga sudah terintegrasi dengan sistem kantung udara di beberapa bagian. Ditakutkan, jika melakukan modifikasi di salah satu bagian tersebut, maka akan membuat sistem yang lain juga ikut macet.

    "Makanya kami menyarankan untuk tidak melakukan modifikasi di beberapa bagian vital yang berhubungan langsung dengan sistem safety kendaraan itu sendiri. Lantaran ini akan berpengaruh terhadap sistem garansi mobil secara keseluruhan."

    Hal yang cukup fatal jika melakukan modifikasi dan sudah menyentuh ke bagian elektronik kendaraan tersebut. Lantaran dengan pembedaan setup dan modul, maka bisa mengubah cara kerja bawaan sistem yang ada. Sehingga ini secara otomatis menggugurkan garansi.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id