Tips Keselamatan Berkendara

    Posisi Kaki yang Benar saat Riding

    M. Bagus Rachmanto - 30 Agustus 2020 17:17 WIB
    Posisi Kaki yang Benar saat Riding
    Pastikan posisi kaki selalu ada di deck skutik ketika berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Ketika berkendara sepeda motor, keseimbangan adalah hal yang paling penting untuk di jaga. Posisi kaki ketika berkendara penting diperhatikan untuk menjaga titik tumpu berat, sekaligus menjaga keseimbangan berkendara.

    Atur posisi duduk agar dibuat senyaman mungkin. Idealnya posisi duduk ada di tengah jok. Jangan terlalu maju atapun mundur yang membuat badan jadi merunduk.

    Instruktur Roda Dua dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi, menjelaskan banyak pengemudi yang tidak memperhatikan posisi kaki ketika berkendara. Ada yang menjulurkan kakinya sebagai tanda untuk berbelok, atau posisi kaki tidak tepat meski sudah diletakan di deck motor atau foot step. Padahal banyak kecelakaan yang terjadi karena pengendara motor tidak paham dengan cara duduk yang benar sehingga kesulitan dalam mengantisipasi keadaan.

    "Kalau kaki tidak di posisinya, titik tumpu dan berat sepeda motor tidak benar. Pastikan titik berat selalu ada di bawah untuk menjaga keseimbangan ketika berkendara. Kalau kaki tidak di foot step atau deck, maka titik tumpu akan berpindah ke atas dan itu menjadi sepeda motor rawan tidak seimbang," ujarnya ketika mengisi sesi teori MPM Road Safety di Bogor, beberapa waktu lalu.

    Dia mencontohkan untuk skuter matik, kaki harus ada di dek motor. Kemudian posisi kaki harus tetap di dalam deck, jangan dikeluarkan karena bisa berbahaya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id