perawatan kendaraan

    Waspada, Kurang Perawatan Aki Mobil Bisa Meledak

    M. Bagus Rachmanto - 04 Agustus 2020 11:10 WIB
    Waspada, Kurang Perawatan Aki Mobil Bisa Meledak
    Pentingnya perawatan berkala aki mobil. Bosch
    Jakarta: Baterai atau aki yang sehat, krusial bagi sistem kelistrikan mobil. Aki yang tidak terawat, tidak saja mengganggu kerja mobil, tapi juga berisiko meledak. Risiko meledak selalu di ingatkan lewat label yang terpasang, meskipun banyak pengguna yang lalai memperhatikannya.

    Tahukah Anda aki bisa meledak tiba-tiba, tanpa ada peringatan sebelumnya. Dan kalau anda berdiri dekat dan tidak dapat menghindar, asam baterai dapat menciderai Anda. Demikian pula kompartemen mesin, pipa-pipa dan sistem kabel yang langsung termakan asam kuat itu.

    Bagaimana aki bisa meledak dan langkah-langkah apa untuk mencegahnya? Berikut penjelasannya seperti dilansir Mobil88.

    Seperti kita ketahui, baterai menghasilkan listrik dari reaksi kimia yang salah satu produk sampingannya adalah hidrogen. Hidrogen adalah gas yang sangat mudah terbakar. Karena panas dari reaksi kimia dalam battery, juga panas kompartemen mesin, hidrogen ini tersembur keluar.

    Bahaya timbul bila saat itu ada percikan api di sekitar baterai. Jika gas hidrogen terpercik api, maka bisa meledak. Sumber percikan bisa saja dari battery itu sendiri, bisa pula dari keteledoran pengguna. Pernah terjadi gara-gara ngutak-atik sambil merokok, baterai meledak.

    Pemicu percikan api lain adalah sentuhan antar plat. Dengan bertambahnya usia pakai baterai, larutan asam semakin berkurang dan plat tidak lagi terendam. Ini bisa menyebabkan plat melengkung. Ketika kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter bisa menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur yang bisa saja bersentuhan dengan plat lain hingga menimbulkan percikan api.

    Penyebab paling sering ledakan aki saat start adalah kutub-kutub baterai dan kabel yang kotor. Kotoran itu menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Jadi kebiasaan untuk mengecek dan membersihkan aki secara teratur sangat menguntungkan.

    Selain itu kebiasan men-jumper yang kurang tepat juga riskan. Kebanyakan pengendara salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke battery yang bagus, kemudian menyambungkan ke baterai lemah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya percikan api. Biasakan untuk memasang kabel jumper pada baterai lemah lebih dahulu, sebelum disambungkan ke baterai bagus.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id