Tips Knowledge

    Ini Faktor yang Bikin Pengemudi Cepat Lelah

    M. Bagus Rachmanto - 21 Februari 2020 13:06 WIB
    Ini Faktor yang Bikin Pengemudi Cepat Lelah
    Posisi duduk yang tepat adalah tegak 90 derajat. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Pegal-pegal atau anggota tubuh terasa sakit adalah beberapa contoh kondisi yang sering dialami oleh pengemudi saat berkendara, terlebih saat kondisi jalan macet dan menempuh perjalanan jauh.
     
    Kondisi lelah saat berkendara dapat mengakibatkan hal-hal fatal seperti menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, stamina dan kondisi tubuh yang bugar menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh pengemudi, agar keselamatan dalam berkendara tetap terjaga.
     
    Namun perlu diketahui, posisi duduk yang tidak tepat bisa bikin mengemudi cepat lelah, bahkan akan menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Dalam kesempatan yang sama, dr. Daniel Bramantyo yang praktek di Rumah Sakit Pertamina Jaya, berbagi tips tentang posisi duduk yang nyaman saat berkendara untuk mimimalisir tingkat kelelahan.

    Menurut dr. Daniel posisi duduk yang baik dan direkomendasikan adalah dengan posisi duduk tegak 90 derajat. Karena posisi duduk yang terlalu landai ke belakang akan membuat bagian leher dan bahu mengalami tekanan beban, karena area tersebut akan melayang akibat tidak tertopang oleh headrest. Berikut beberapa posisi duduk yang tidak tepat dan dapat menimbulkan keluhan bagi pengemudi.
     
    Mr. Cool
    Posisi duduk ini adalah duduk tegak, satu tangan pada kemudi dan satu tangan di jendela. Keluhan yang sering di dapat adalah nyeri lengan dan nyeri leher dan pundak.
     
    The Roller Coster
    Posisi duduk ini adalah badan maju kedepan dan duduk tegak. Keluhan yang sering didapat saat posisi seperti ini yaitu nyeri bahu dan leher, kram kaki, dan nyeri samping.
     
    The Multitasker
    Posisi duduk yang sering berubah-rubah dan tidak stabil adalah definisi dari prosisi duduk ini. Untuk keluhan yang sering di dapat yaitu kram kaki, nyeri pinggang bawah dan bokong.
     
    The Racer
    Duduk yang terlalu bertopang ke belakang dengan kaki yang lurus adalah definisi dari posisi duduk ini. Untuk keluhan pada posisi ini terjadi pada nyeri samping bagian pinggang serta nyeri piggang bawah.
     
    Dari berbagai posisi duduk diatas, pengemudi dapat mengurangi resiko dan meminimalisir kelelahan dengan cara sebagai berikut. Mengganjal leher dengan bantal leher atau handuk kecil. Letakan posisi lutut dibawah pinggang. Posisikan jok senyaman mungkin agar dapat mencapai pedal gas dengan baik. Kedua tangan berada pada kemudi (kecuali saat mengoper gigi).
     
    Dalam melakukan perjalanan jauh, sebaiknya luangkan waktu untuk merenggangkan otot-otot terutama di bagian kaki, guna menghindari Deep Vein Thrombosis (DVT) yaitu penggumpalan darah pada kaki yang disebabkan terlalu lama duduk. Lakukan kegiatan peregangan otot sederhana di mobil, seperti membalikan badan ke kanan dan ke kiri, mengangkat kaki lalu memutar tumit dan menundukan kepala ke bawah dan ke atas. Cara ini dapat membantu untuk memulihkan otot yang renggang akibat terlalu lama bekendara.
     
    Hindari Stress
    Bagi sebagian orang, mengemudi merupakan suatu kegiatan menyenangkan, namun ada juga yang tidak sependapat dengan hal itu. Agar perjalanan menjadi menyenangkan, sebaiknya rencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam-jam kemacetan di beberapa tempat tertentu. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik favorit untuk mengurangi tingkat stress dan kejenuhan dalam bekendara jarak jauh
     
    “Aspek kesehatan memiliki peran yang vital dalam menjaga keselamatan dan keamanan saat berkendara dan terhindar dari kecelakaan. Data Korlantas Polri menyebutkan bahwa rata-rata 1.000 kecelakaan terjadi setiap harinya. Memahami hal tersebut, Chevrolet Indonesia menyadari bahwa para pengemudi harus mempersiapkan kesehatan serta kesiapan fisik sebelum berkendara," kata Yuniadi Haksono Hartono yang kala itu menjabat External Affairs and Communications Director GM Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.


     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id