Safety Riding

    Yuk Pahami Teknik Defensive Riding di Jalan Raya

    M. Bagus Rachmanto - 24 Juni 2020 11:43 WIB
    Yuk Pahami Teknik Defensive Riding di Jalan Raya
    Defensive Riding penting untuk menjaga keselamatan bersama di jalan raya. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Populasinya yang semakin banyak di jalan raya membuat sepeda motor memiliki risiko kecelakaan yang lebih besar dibanding kendaraan lain. Perlu diketahui jika penyebab kecelakaan bisa disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain.
     
    Untuk itu diperlukan berkendara dengan keterampilan dan pengalaman (skill based riding), berdasarkan standar keselamatan dan cara-cara berkendara yang aman, selamat dan benar, ditambah dengan sikap mental positif dan kewaspadaan secara terus-menerus.
     
    Menurut Adrianto Wiyono, Instruktur Senior Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), safety riding adalah lebih kepada kemampuan (skill) individu pengendara. Ini dirasa belum cukup untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

    Adrianto menambahkan, bahwa untuk menjaga keselamatan di jalan diperlukan juga yang namanya defensive riding. Yakni perilaku berkendara yang dapat membuat kita terhindar dari masalah. Baik yang disebabkan oleh orang lain atau diri sendiri. Karena defensive riding lebih kepada menjaga keselamatan bersama di jalan.

    “Pengendara yang defensive riding, adalah yang menyediakan ruang/jarak kendaraan, kesadaran diri, selalu waspada, melihat dan dilihat. Ia selalu konsentrasi terus-menerus, memikirkan jalan keluar untuk segala situasi dan kondisi di jalan. Kemmudian memahami batasan diri dan kendaraan,” jelas Adrianto.
     
    Jadi mulai sekarang bagi Anda yang merasa sudah cukup dalam hal safety riding atau kemampuan individu berkendaranya sudah cukup baik, sebaikya juga menjadi pelopor defensive riding, yang mementingkan keselamatan pengendara lain di jalan raya dan lingkungan sekitarnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id