Tips Knowledge

    Mengenal Ragam Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 12 Februari 2020 17:45 WIB
    Mengenal Ragam Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil
    Pahami sistem penggerak roda yang ada di mobil Anda. Toyota - Mazda - Mitsubishi - BMW
    Jakarta: Teknologi industri otomotif khususnya kendaraan roda empat atau mobil terus berkembang dari tahun ke tahun. Salah satu perkembangan yang terjadi bisa dilihat dari jenis sistem penggerak kendaraan yang sekarang sudah semakin canggih.
     
    Seperti diketahui, ada tiga jenis sistem penggerak roda mobil. Mulai dari penggerak roda depan/front wheel drive (FWD), penggerak roda belakang/rear wheel (RWD), penggerak empat roda/four wheel drive (4WD) dan penggerak semua roda/all wheel drive (AWD).

    FWD atau penggerak roda depan artinya yang menjalankan mobil adalah roda depan. Tenaga yang dihasilkan mesin dihantarkan sistem transmisi ke roda depan. Tipe mobil yang menggunakan sistem penggerak ini contohnya adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda6, MINI Cooper dan masih banyak mobil lainnya.
     
    Lawan dari FWD adalahh adalah penggerak roda belakang atau (RWD). Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dihantarkan ke roda belakang melalui gardan. Mobil dengan sistem penggerak ini dipilih karena desainnya yang sederhana. Sebut saja Innova, Avanza, RX-8, ataupun Panther memakai sistem penggerak ini.

    Kemudian ada pula sistem penggerak 4WD atau 4x4. Drivertrain yang disematkan, memungkinkan tenaga yang dihasilkan mesin dapat disalurkan ke empat roda. Mobil pengguna sistem ini biasanya memungkinkan driver untuk memilih penyaluran tenaga hanya ke dua roda atau langsung ke empat rodanya sekaligus. Beberapa model seperti Pajero Sport, Fortuner, atau Jeep Wrangler sudan menyematkan sistem ini.

    Serupa dengan 4WD, mobil dengan sistem AWD juga memungkinkan mesin dapat menghantarkan tenaga ke empat roda sekaligus. Hanya saja, pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga kedua roda atau keempat roda karena sistemnya permanen untuk empat roda. Beberapa model yang mengaplikasikan sistem ini diantaranya Lancer Evolution, Nissan GTR, Audi, MINI All4 atau Subaru Impreza menggunakan sistem ini.

    "Masing-masing penggerak roda mobil memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya sistem penggerak AWD yang memiliki kelebihan untuk menyikapi atau mengeliminir gejala-gejala understeer dan oversteer, cocok untuk kecepatan tinggi. Namun radius putar stirnya sedikit jika dibandingkan dengan FWD, RWD atau 4WD. Dipermukaan licin seperti pasir dan hujan lebih terkendali, namun lebih boros BBM," kata Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada Medcom, di Jakarta. 




    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id