comscore

Jangan Panik Kalau Mobil Hilang Tenaga, Ini Penyebab & Penanganannya

Ekawan Raharja - 29 Mei 2022 15:00 WIB
Jangan Panik Kalau Mobil Hilang Tenaga, Ini Penyebab & Penanganannya
Ilustrasi mesin mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

5. Kerusakan pada Transmisi

Transmisi menjadi salah satu bagian yang dapat mengatur laju kendaraan bermobil. Kondisi mobil maju, mundur, dan berhenti difungsikan melalui alat ini.

Apabila terjadi kerusakan di area transmisi, akan membuat kondisi mobil tidak dapat berubah secara otomatis. Jika fungsi ini terganggu, maka dapat menyebabkan adalah salah satu yang dapat jadi penyebab mobil matic yang mendadak kehilangan tenaga.
Ketika mengalami hal tersebut, dia pun membagikan sejumlah tips penangannnya. "Pertama, tetap tenang dan usahakan untuk memberhentikan kendaraan di titik aman. Kalau tiba-tiba mobil kehilangan tenaga, jangan paksakan untuk tetap membawa mobil berkendara. Jangan juga biarkan mobil berhenti begitu saja di tengah jalan. Pastikan kamu menghentikan laju mobil dan bawa mobil untuk berhenti di titik yang aman,” lanjut Benny.

“Kedua, matikan mesin. Jika sudah diparkirkan di tempat yang aman, segera matikan mesin mobil. Mesin mobil sebaiknya dimatikan selama durasi 10 - 15 menit. Hal ini dilakukan agar mesin dan transmisi otomatis maupun transmisi manual mobil kamu bisa didinginkan serta diistirahatkan terlebih dahulu. Dan selanjutnya, kalau sudah beristirahat selama 10 - 15 menit, kamu bisa kembali menyalakan mesin mobil. Pada tahap ini, seharusnya mesin dan transmisi mobil sudah lebih dingin, sehingga sudah lebih aman ketika digunakan kembali untuk berkendara.”

“Menghindari resiko dari terjadinya permasalahan di atas juga dapat diminimalisir dengan melakukan servis secara berkala. Dan jangan lupa apabila kendaraanmu belum terproteksi oleh asuransi, segera pilih dan dapatkan proteksi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Dengan servis rutin dan juga penggunaan asuransi kendaraan, kita dapat meminimalisir risiko dari biaya yang tidak terduga," tegas Benny.

(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id