comscore

Jangan Panik Kalau Mobil Hilang Tenaga, Ini Penyebab & Penanganannya

Ekawan Raharja - 29 Mei 2022 15:00 WIB
Jangan Panik Kalau Mobil Hilang Tenaga, Ini Penyebab & Penanganannya
Ilustrasi mesin mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

2. Overheat

Keadaan mesin mobil yang terlalu panas dapat disebabkan oleh kondisi pengemudi yang terlalu lama menahan injakan pedal gas saat berhenti ditanjakan untuk mempertahankan posisi mobilnya. Akibatnya, mobil yang dikemudi akan kehilangan tenaga dan pastinya membahayakan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Overheat atau kondisi mesin mobil yang terlalu panas dapat terjadi pada mobil matic. Seringnya kondisi ini terjadi lantaran pengemudi menahan injakan pedal gas saat berhenti di tanjakan untuk menjaga posisi mobil.

3. Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab lain dari hilangnya tenaga pada mobil di tanjakan dapat dipengaruhi oleh kondisi filter bahan bakar yang kotor. Kondisi filter bahan bakar yang kotor dapat disebabkan oleh tumpukan partikel dan endapan yang ada pada tangki bensin.
Keadaan ini dapat menghambat aliran mesin sehingga menyebabkan kondisi mobil tidak dapat bekerja secara optimal. Tidak hanya filter udara, namun filter bahan bakar yang kotor juga bisa menyebabkan mobil tiba-tiba hilang tenaga di tanjakan.

4. Klep Bocor

Kondisi klep atau katup mobil yang tidak disetel dengan baik akan menyebabkan fungsinya sebagai pintu masuk udara dan bensin serta pintu keluar gas dari mesin ke knalpot tidak dapat dilakukan secara maksimal. Dengan kondisi klep yang bocor, akan mempengaruhi performa kendaraan sehingga memungkin hilangnya tenaga pada mobil di tanjakan.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id