Tips Knowledge

    Ini Keuntungan Ban Pakai Nitrogen

    Ekawan Raharja - 22 Januari 2020 07:07 WIB
    Ini Keuntungan Ban Pakai Nitrogen
    Ada sejumlah keunggulan jika mengisi ban dengan nitrogen. Auto2000
    Jakarta: Menjaga tekanan ban kendaraan perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas dan keamanan selama perjalanan. Selain mengisi dengan angin biasa, pemilik kendaraan biasanya mengisinya juga dengan nitrogen ke dalam ban kendaraan kesayangan.

    Sama-sama berjenis udara, namun angin biasa dan nitrogen memiliki karakteristik yang berbeda dan kemampuan yang berbeda. Situs resmi Wahana Honda bahkan mencatat setidaknya ada empat keunggulan yang akan didapat pemilik kendaraan jika mengisi ban dengan nitrogen.

    Keunggulan pertama adalah memperkecil resiko ban bocor karena udara di dalamnya keluar. kandungan partikel molekul nitrogen ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan angin biasa. 

    Partikel yang lebih besar ini membuat angin susah keluar dari pori-pori ban. Efeknya, kebocoran angin ban akan sangat minimal dan tekanan angin cenderung lebih stabil.

    Kelebihan kedua adalah tekanannya optimal dan membuat irit bensin. Besarnya molekul pada nitrogen akan membuat tekanan ban menjadi lebih optimal karena molekul tak mudah keluar melalui pori-pori.

    Kondisi ini akan membuat tekanan ban lebih optimal dan menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga 3 persen lebih baik. Tekanan kuat juga menambah daya cengkram roda dengan aspal. Kontrol pada kemudi pun akan menjadi semakin baik dan terhindar dari kecelakaan

    Keunggulan ketiga penggunaan nitrogen dibandingkan angin ban yang biasanya adalah nitrogen memiliki suhu yang jauh lebih rendah. Hal ini akan berimbas kepada kondisi di dalam ban yang akan lebih stabil dan risiko meledak bisa ditekan.

    Keempat, ban akan lebih awet. Dengan suhu yang stabil, nitrogen jauh lebih awet hingga satu bulan daripada dibandingkan dengan angin yang biasa. Perbedaan partikel pada Nitrogen dan angin biasa juga berpengaruh proses oksidasi ban.

    Partikel pada angin biasa lebih mudah memicu adanya proses oksidasi, dan hal ini bisa membuat ban cepat rusak. Nitrogen merupakan udara yang sudah terfilter atau tersaring secara alami, jadi tidak mengalami proses oksidasi.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id