Tips Knowledge

    Bersih-Bersih Mobil di Rumah Cuma Modal Car Care Kit

    Ekawan Raharja - 12 Mei 2020 08:44 WIB
    Bersih-Bersih Mobil di Rumah Cuma Modal Car Care Kit
    Pemilik mobil sebaiknya memiliki car care kit untuk merawat kendaraannya di rumah. Auto2000
    Jakarta: Imbauan #dirumahaja dan work from home (WFH) membuat banyak masyarakat berdiam diri di rumah saja, dan mobil yang biasa digunakan pun terparkir di rumah saja. Mobil yang didiamkan dalam waktu lama di garasi rumah juga akan berdebu dan kotor, sehingga pemilik mobil bisa juga mencuci mobil untuk mengusir bosan.
     
    Dikutip dari Auto2000, bagi yang tidak pernah mencuci mobil sendiri di rumah mungkin bisa memanfaatkan car care kit untuk merawat mobil. Pemilik mobil cukup menyediakan kain microfiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan perawatan mobil, pembersih interior, dan poles ban.
     
    Mencuci mobil bisa dilakukan di tempat yang teduh di pagi hari menggunakan air bertekanan supaya mudah dan cepat. Pemilik mobil bisa menggunakan sampo mobil dan di lap menggunakan kain chamois untuk membersihkan kotoran. Jangan lupa kolong mobil juga disemprot mengingat saat ini masih musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat.
     
    Kain microfiber efektif untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil dan tidak membuat permukaan bodi mobil menjadi baret. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil. Jalani inspeksi bagian yang punya potensi menyimpan air seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.
     
    Selain itu untuk membersihkan dan memberikan kilap ban, bisa menggunakan cairan khusus ban yang sanggup melindungi dan memberikan efek hitam pada ban yang terbuat dari bahan khusus anti UV dan pewarna alami. Memberikan hasil tampilan ban selalu baru, meningkatkan elastisitas ban, serta melindungi side wall ban agar tidak mudah pecah dari suhu permukaan jalanan.
     
    Habis itu, pemilik mobil bisa mengeluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih. Keringkan karpet mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau. Selanjutnya, pakai vacuum cleaner untuk membersihkan kabin seperti di kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan.
     
    Cover jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepaskan dan dicuci. Sedangkan cover dengan bahan kulit sintetis tidak perlu dicopot dan cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois.

    Jangan lupakan bagasi, terutama untuk mobil jenis sedan. Kalau ada karpet, keluarkan dan cuci dengan sabun dan pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Vacuum cleaner bisa dipakai untuk membersihkan bagasi, perhatikan segala sudut dan celah untuk memastikan tidak ada kotoran. 
     
    Tidak ketinggalan Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan karena harus berhati-hati dengan sistem kelistrikan mobil yang sensitif guyuran air. Disarankan untuk menggunakan lap microfiber yang sedikit basah untuk membersihkan kotoran di ruang mesin. Sembari itu, periksa apakah ada kebocoran cairan seperti oli dan memeriksa tabung penyimpanan cairan seperti minyak rem, air wiper, dan air radiator.
     
    Semua peralatan dan cairan pembersih mobil ini bisa didapatkan di supermarket atau toko-toko aksesoris mobil dengan aneka mereka. Tetapi apabila bingung memilih car care kit yang tepat, bisa juga memesan di dealer resmi seperti Auto2000 yang menawarkan perlengkapan yang lengkap untuk perawatan mobil di rumah.

    "Di aftermarket itu ada cairan pembersih. Pembersih kaca utama, untuk membersihkan lampu agar tetap mengkilap, body pun ada. Beberapa merek yang kita bisa dapatkan secara mudah," ungkap pria yang akrab disapa Tumenggung Prabowo Senin (11/5/2020) di program Sambut Iftar Ala Medcom (SIAM).
     
    “Himbauan #dirumahaja membuat konsumen memperoleh banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mencuci mobil. Untuk memberikan kemudahan dan memastikan hasil optimal saat mencuci mobil, Auto2000 menyediakan paket Car Care Kit yang bisa dibeli di Auto2000 Digiroom," ungkap Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, melalui keterangan tertulisnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id