Kebiasaan Buruk yang Bikin AC mobil Cepat Rusak

    Ekawan Raharja - 20 Mei 2019 10:55 WIB
    Kebiasaan Buruk yang Bikin AC mobil Cepat Rusak
    Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa kita sadari bisa menyebabkan AC mobil cepat rusak. Suzuki
    Jakarta: Saat ini ketika mengendarai mobil, banyak dari kita yang seakan tidak bisa lepas dari yang namanya AC. Cuaca di luar yang sangat panas dan kadang disusul dengan hujan membuat mengharuskan penumpang terus menyalakan AC agar pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman.

    Namun tahukah bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa kita sadari bisa menyebabkan AC mobil cepat rusak. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya yang dikutip dari laman resmi Suzuki.

    Merokok di Dalam Mobil
    Asap dan debu dari rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal, dan akhirnya jika dibiarkan dalam waktu yang lama membuat ac cepat rusak karena bekerja ekstra keras untuk mendinginkan kabin.

    Membuka Jendela Terlalu Lama Ketika AC Hidup
    Kebiasaan yang sering dilakukan adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala. Hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC lebih mudah rusak.

    Menaruh Pewangi yang Kurang Tepat
    Idealnya pewangi di dalam mobil memakai pewangi cair. JIka menggunakan pewangi gel bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator AC.

    Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Menyala
    Kerugian mematikan mesin mobil saat AC masih menyala adalah nanti saat kita menyalakan mesin mobil otomatis AC akan langsung bekerja. Ingat aki/accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja accu tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC.

    Tidak Menjaga Kebersihan Kabin
    Kebiasaan meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa harus segera dihilangkan. Kenapa? Karena sampah dan kotoran yang ditinggalkan bisa membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Debu-debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluar filter AC dan hal ini akan membuat filter menjadi cepat rusak.

    Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihilangkan jika ingin AC kendaraan kesayangan selalu berfungsi maksimal dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id