comscore

Mengenal & Merawat ABS Di Motor

Ekawan Raharja - 14 Februari 2022 10:00 WIB
Mengenal & Merawat ABS Di Motor
Ilustrasi berkendara sepeda motor. Yamaha
Jakarta: Sejumlah sepeda motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi anti-lock braking system (ABS). Meski teknologi ini bukan tergolong teknologi baru, namun masih banyak yang belum mengenai dengan baik fungsi, cara kerja, dan cara merawatnya.
 
Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, Muslian, menyebutkan untuk pengereman hidrolik (disc brake) terdapat penambahan teknologi agar sistem pengeremannya lebih aman yaitu ABS. Sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci terutama saat mengerem mendadak sehingga ban tidak slip atau sliding, dengan begitu turut menjaga keseimbangan motor atau lebih mudah dikendalikan.
 
Muslian juga menjelaskan ABS akan selalu mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang. Jika ada pengurangan kecepatan secara tiba-tiba karena pengereman mendadak, sistem ABS akan mengurangi tekanan sistem rem, sehingga dapat mencegah kemungkinan roda terkunci dan pengendara dapat menjaga kestabilan motor sehingga mudah dikendalikan.
 
”Hadirnya sistem pengereman ABS turut membantu dalam keselamatan berkendara pengguna sepeda motor, karena itu perlu diperhatikan perawatannya agar fungsinya selalu optimal,” ungkap Muslian melalui keterangan resminya.

Halaman Selanjutnya
  Cara Merawat ABS Motor…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id