comscore

5 Tanda Mobil Kamu Harus Ganti Filter Oli Mesin

Adri Prima - 18 Mei 2022 21:50 WIB
5 Tanda Mobil Kamu Harus Ganti Filter Oli Mesin
Filter oli mesin. suzuki
Jakarta: Filter oli mesin pada mobil memiliki fungsi untuk membersihkan oli mesin sebelum disalurkan ke semua komponen internal mesin.

Filter oli ini membuat debu, metal, maupun jelaga tidak masuk ke ruang dalam mesin, sehingga komponen yang ada di dalamnya tidak terganggu.
Maka dari itu, filter oli juga harus diperhatikan dan diusahakan melakukan penggantian secara reguler. Penggantian filter oli bisa dilakukan bersamaan ketika ingin mengganti oli mesin agar oli sisa yang mengendap di filter dapat terbuang. 

Namun kapan idealnya waktu yang tepat untuk mengganti filter oli? Dilansir dari laman resmi Suzuki setidaknya ada 5 indikator yang menjadi pertanda mobil harus segera ganti filter oli mesin. 

1. Mesin terlalu panas


Filter oli yang buruk akan berdampak negatif pada suplai oli ke mesin mobil. Jika semakin sedikit oli yang tersalurkan, maka mesin semakin minim pelumasan untuk mencegah gesekan antar komponen bergerak.

Gesekan-gesekan dari komponen yang saling bergerak dan terbuat dari bahan logam ini dapat menghasilkan panas dengan cepat.

Jika dibiarkan, maka mobil akan mengalami kerusakan parah seperti internal mesin menjadi melengkung, piston berpotensi macet, dan bantalan mesin serta silinder mesin bisa cacat. 

Halaman Selanjutnya
Selain itu, freon AC bisa…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id