Tips Knowledge

    Trik Mudah Mendeteksi Aki Motor Injeksi Mulai Lemah

    M. Bagus Rachmanto - 08 Juli 2020 15:08 WIB
    Trik Mudah Mendeteksi Aki Motor Injeksi Mulai Lemah
    Kondisi aki yang lemah di sepeda motor injeksi bisa dengan mudah dipantau. Bosch
    Jakarta: Hampir semua sepeda motor yang dipasarkan sudah menganut sistem injeksi. Tentu saja dengan sistem ini, kelistrikan yang dipasok oleh aki sangat penting.
     
    Pemilik sepeda motor harus bisa mengecek aki setiap saat. Bahkan pendeteksian aki yang lemah bisa dengan mudah dilakukan tanpa menggunakan alat bantuan, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki. Pertama hidupkan sepeda motor, kemudian coba dengarkan suara atau putaran mesin saat idle. Jika performa aki sudah menurun, cirinya mesin motor seperti berdenyut atau naik turun gasnya.

    Di saat kondisi normal, idle motor injeksi umumnya stabil di rpm yang sudah diset oleh pabrikan motor. Untuk sepeda motor yang punya fitur takometer, bisa melihat kondisi aki dari indikator putaran mesin yang ditampilkan di fitur tersebut.
     
    Tentu saja untuk hasil yang lebih akurat bisa menggunakan multimeter atau voltmeter. Hanya saja tidak semua orang mempunyai alat itu dan harganya juga termasuk tidak murah. Nah trik ini bisa Anda coba segera di sepeda motor ketika tidak yakin kondisi akinya masih baik atau sudah lemah.

    Aki Kering dan Basah
    Perawatan untuk penggunaan aki kering, tentunya tidak bisa dilakukan apa pun untuk akinya sendiri. Mengingat aki ini memang punya tagline 'Free Maintenance'. Cara paling mudah adalah rutin memanaskan kendaraan jika jarang digunakan akan membantu pengisian tenaga listrik ke aki. Lantaran aki itu punya sifat self discharging, digunakan atau tidak digunakan.

    Sementara untuk aki basah atau yang masih menggunakan cairan dan bisa diisi, selain rutin memanaskan kendaraan, juga wajib memperhatikan air yang terdapat di dalam aki. Mengingat, air inilah yang membuat elemen dalam aki tersebut berfungsi. Jika dibiarkan dalam kondisi kurang air, bisa merusak elemen di dalam aki.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id