Tips Knowledge

    Trik Merawat Transmisi CVT Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 19 Mei 2020 16:46 WIB
    Trik Merawat Transmisi CVT Mobil
    DFSK Glory 580 salah satu mobil yang menggunakan transmisi CVT. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Tangerang: Beberapa merek otomotif kini menggunakan teknologi Continous Variable Timming (CVT) sebagai sistem transmisi di mobil mereka. Tentu saja setiap sistem dan komponen yang ada di sebuah mobil memerlukan perlakukan ataupun perawatan agar umurnya panjang.
     
    Pemilik Workshop Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono, mengungkapkan ada perlakukan khusus namun sederhana yang harus dilakukan pemilik mobil dengan transmisi CVT. Hal ini perlu dilakukan akan komponen tersebut tetap berfungsi dengan baik dan berumur panjang.
     
    “Kalau transmisi CVT mobilnya dilengkapi dengan mode manual, gunakan mode tersebut sesekali agar tidak ada slip,” ujar Taqwa beberapa waktu lalu di Tangerang, beberapa waktu lalu.

    Kemudian pemilik mobil juga jangan abai terhadap oli transmisi. Cairan pelumas ini harus diganti sesuai dengan kilometer yang sudah ditentukan.

    "Pengemudi juga harus bijak ketika menggunakan transmisi. Sebagai contoh di jalanan menanjak, sebaiknya menggunakan mode manual atau mode L," tambah pria yang juga pernah menjadi pembalap ini.
     
    Beberapa mobil saat ini sudah menggunakan transmisi model CVT seperti Nissan Grand Livina, Datsun Go, hingga DFSK Glory 580. Bahkan untuk Glory 580 memadukan transmisi model single belt ini dengan mesin 1.500 cc berteknologu turbocharger.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id