Tips Otomotif

    Mengenal Ciri-Ciri Tie Rod Mulai Rusak

    Ekawan Raharja - 09 Oktober 2020 16:00 WIB
    Mengenal Ciri-Ciri Tie Rod Mulai Rusak
    Kenali ciri-ciri tie rod yang mulai rusak. Suzuki

    Jakarta: Di artikel sebelumnya, sudah di bahas mengenai fungsi dan kinerja dari tie rod. Kini pembahasan masih berlanjut mengenai komponen yang berada di balik roda, dan lebih kepada mengenal ciri-ciri tie rod yang mulai rusak.
     
    Fungsi tie rod tentu adalah penghubung kemudi dengan roda mobil, dan apabila mulai berkurang kemampuannya membuat perjalanan tidak aman serta nyaman. Dalam keadaan normal, gerakan mobil juga akan berjalan dengan normal pula dan stabil
     
    Tetapi bisa saja terjadi saat tiba-tiba laju kendaraan terasa oleng di kecepatan normal atau dalam kecepatan rendah. Apabila hal ini terjadi, maka bisa dipastikan ada yang tidak beres pada kendaraan Anda. Kemungkinan terbesar penyebabnya adalah adanya kerusakan pada tie rod mobil, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.
     
    Memang keadaan mobil yang berjalan seperti oleng bisa saja karena adanya kerusakan bagian lain. Tetapi karena salah satu fungsi alat ini adalah untuk menjaga kestabilan arah mobil, maka kerusakan alat ini bisa menjadi penyebabnya.
     
    Untuk bisa memastikan apakah kerusakan disebabkan oleh tie rod atau bukan, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai ciri-ciri kerusakan dari alat ini. Pertama adalah, roda mobil terasa sedikit oblak saat digoyangkan.
     
    Ciri kedua adalah tie rod saat diputar terasa enteng, dan karet pembungkus ball joint sudah robek. Penyebab kerusakan dari tie rod ini bisa dilihat dari ciri yang ada.
     
    Apabila roda mobil sedikit oblak dan tie rod terasa enteng saat diputar, maka penyebabnya adalah baut tie rod end kendor yang mengakibatkan mobil sedikit oleng. Dengan kembali mengencangkan, maka kerusakan sudah bisa diatasi.
     
    Jika ciri kerusakan adalah karet pembungkus ball joint robek, maka jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya. Ini karena karet tersebut berfungsi agar pelumas dalam ball joint tidak bocor yang mengakibatkan ball joint kering dan menimbulkan masalah yang lebih kompleks.
     
    Selain itu apabila kerusakan karena long tie rod bengkok, maka harus menggantinya demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Dalam hal ini, Anda bisa membawa ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal terkait perbaikan tie rod.



    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id