Tips Knowledge

    Pentingnya Cek Piranti Bergerak di Mobil yang Menempuh Perjalanan Jauh

    M. Bagus Rachmanto - 22 Mei 2020 10:56 WIB
    Pentingnya Cek Piranti Bergerak di Mobil yang Menempuh Perjalanan Jauh
    Wajib periksa sejumlah komponen sebelum mobil melakukan perjalanan jauh. Hyundai
    Jakarta: Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan jika Anda ingin berpergian jauh dengan mobil pribadi. Selain kondisi fisik yang prima, sudah pasti kondisi mobil harus diperiksa supaya kuat menghadapi kondisi jalanan yang ekstrim.
     
    Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, menjelaskan ada baiknya pemilik mobil memeriksakan beragam piranti gerak saat mempersiapkan mobil untuk dibawa ke luar kota atau perjalanan jauh. Piranti gerak ini mencakup ban, sistem setir, dan semua komponen yang bergerak.
     
    "Jadi perhatikan hal-hal yang berurusan dengan piranti gerak, semua yang berputar dan semua yang bergerak. Karena begitu kapasitas maksimal, barang yang umurnya 10 ribu kilometer bisa menjadi 5 ribu kilometer," ucap Rifat di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Dia menganalogikan berupa truk-truk muatan dari Jawa menuju Sumatera. Menururnya setiap usai perjalanan, ban truk harus diganti karena muatannya yang penuh dan membuat ban cepat habis.

    Begitu juga di kendaraan penumpang yang akan melewati jalur luar kota yang ekstrim, mulai dari kemacetan yang panjang, kondisi mesin yang panas, hingga beban muatan yang lebih. Sehingga komponen-komponen gerak harus diperhatikan.
     
    "Kalau kampas rem mungkin sebelum pergi mudik kondisinya 50 persen. Mungkin ini cukup untuk perginya saja, lantas kalau pulangnya? belum tentu cukup," bebernya lagi.
     
    Rifat juga memperingatkan untuk melakukan pengecekan seperti minyak-minyak, air, hingga listrikan. Mengingat komponen tersebut berada di dalam mobil, dan harus diperiksa secara seksama.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id