Tips Perawatan Kendaraan

    Cara Hilangkan Gredek di CVT, Solusinya di Mangkok Kopling?

    Ahmad Garuda - 25 Juni 2020 17:35 WIB
    Cara Hilangkan Gredek di CVT, Solusinya di Mangkok Kopling?
    Modifikasi mangkok kopling yang CVT-nya bermasalah, wajib memikirkan keamanan. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Masalah gredeg berlebih dan membuat tak nyaman yang terjadi di sistem transmisi otomatis milik Honda PCX 150 dan Vario 150, ternyata punya solusi mudah. Yaitu bikin lubang di mangkok kopling sistem CVT motor tersebut. Namun tentu harus memperhatikan lokasi pembuatan lubang yang tepat.

    Menurut owner bengkel Kedai Riders, Yoyo, bahwa menghilangkan suara gredek di sistem transmisi CVT motor matic, bisa dengan cara memberikan lubang pembuangan di debu dan kotoran di bagian mangkok kopling. Namun memberikan lubang ini juga tidak sembarangan, karena ada tata letak dan perhitungan mekanis agar tak membuat durabilitas komponen berubah.

    "Membuat lubang di mangkok kopling sism transmisi motor matic ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan suara gredek yang timbul akibat debu yang terperangkap di bagian dalam mangkok kopling. Tujuannya tentu untuk membuat debu hasil gesekan kampas kopling sentrifugal, terbuang melalui debu tersebut," klaim Yoyo.

    Biasanya ciri suara gredek ini terjadi ketika motor baru dijalankan dan terjadi di kecepatan rendah di bawah 25 km per jam. Namun seiring panasnya sistem CVT, gejala ini akan hilang dan baru akan timbul ketika sepeda motor baru digunakan kembali.

    Yoyo melanjutkan soal pemberian lubang di mangkok kopling, jangan terlalu banyak. Menurutnya, jumlah 5 lubang sudah maksimal. Masing-masing lebar lubang 3 milimeter yang berfungsi untuk membuang debu dan panas berlebih saja. Ketika jumlahnya ditambah dan diameter kian lebar, bisa membuat kinerja mangkok kopling malah berubah.

    Jadi, bagi Anda yang tetap penasaran untuk menghilangkan gredek di CVT motor Anda yang dalam kondisi standard, bisa mencoba solusi ini. Namun tetap perlu memperhatikan cara aman agar tidak berimbas kerusakan di komponen lainnya.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id