Risiko Rekondisi Suspensi, Umur Tetap Tidak Lama

    Ekawan Raharja - 08 Juni 2019 16:49 WIB
    Risiko Rekondisi Suspensi, Umur Tetap Tidak Lama
    Shockbreaker yang sudah lemah atau mati bisa direkondisi dengan cara disuntik oli. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Jikalau bantingan mobil terasa tidak enak melewati jalanan berlubang atau polisi tidur, bisa jadi karena kondisi suspensi yang sudah lemah atau bahkan sudah main. Bila kondisi itu terjadi, sebaiknya shockbreaker diganti saja dengan yang baru ketimbang diakali.

    Pemilik Bengkel Berlian Motor, Akhiong, menjelaskan shockbreaker sebagai peredam guncangan mobil. Jika kondisinya sudah lemah atau bahkan mati, bisa saja direkondisi dengan cara suntik oli. Tetapi diakui cara ini tidak direkomendasikan.

    "Memang ada yang biasa diakali seperti disuntik tabungnya. Cuma kita tidak tahu takarannya, cuma diperkirakan saja. Kalau oli terlalu banyak juga akan sangat keras bantingannya," ucap Akhiong kepada Medcom.id di Bengkelnya yang terletak di Komplek BSD Auto Part. 

    Akhiong juga menyarankan sebaiknya juga diganti yang baru jikalau mobil akan digunakan untuk harian. Soal harga pun beraneka ragam karena tersedia suku cadang asli hingga komponen aftermarket dengan kualitas yang setara atau bahkan lebih baik.

    Hal senada juga diungkapkan montir asal Serang, Rangga, yang merekomendasikan untuk membeli shockbreaker baru jika dibutuhkan. Mengingat dengan kondisi suntik, kualitasnya tidak bisa terjamin.

    "Kalau buat harian mending beli baru saja. Kalau suntik itu sekitar Rp300-400 ribu, beli baru saja ada kok yang jual Rp600 rb. Beda tipis tetapi jauh lebih baik kondisinya," ungkap Rangga.

    Nah untuk mengganti suspensi bisa dilakukan di bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya. Sehingga hasilnya bisa terpercaya dan juga anda merasa nyaman untuk menservis mobil kesayangan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id