Tips Otomotif

    Mengenal Komponen Busi, Kecil namun Vital

    Ekawan Raharja - 30 Juni 2021 14:10 WIB
    Mengenal Komponen Busi, Kecil namun Vital
    Ilustrasi busi. NGK



    Jakarta: Keberadaan busi di kendaraan bermotor kadang diabaikan oleh pemiliknya karena posisinya yang tertutup serta ukurannya yang mungil. Padahal komponen ini terbilang vital bagi mesin dan tanpanya mesin kendaraan bermotor tidak bisa hidup.
     
    Busi memiliki fungsi untuk membakar campuran udara atau bahan bakar serta membantu untuk melepas panas dari ruang pembakaran. Melihat peran busi yang sangat penting dalam kendaraan, para pemilik perlu memilih busi yang asli dan berkualitas agar memberikan kinerja maksimal di mesin.
     
    "Pemilihan serta penggunaan busi yang tepat dan sesuai standar dapat memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, sehingga akan meningkatkan performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dalam berkendara,”jelas Manager Public Relations, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro, melalui keterangan resminya.
     
    Anton kemudian membeberkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih busi untuk performa mesin yang lebih baik:
     

    1. Ukuran busi

    Pastikan ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir, dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika tidak sesuai maka kemungkinan busi akan longgar, overheat, terkena endapan karbon sehingga pengapian tidak sempurna dan bahkan bisa merusak piston.

    Halaman Selanjutnya
      2. Angka panas busi…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id