Tips Musim Hujan

    Musim Hujan, Manfaatkan Medsos Deteksi Jalur Banjir

    Ahmad Garuda - 17 Desember 2019 17:01 WIB
    Musim Hujan, Manfaatkan Medsos Deteksi Jalur Banjir
    Melalukan pengecekan jalur yang mengalami genangan air cukup tinggi, bisa memanfaatkan media sosial agar tidak terjebak macet. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Hari ini, Selasa (17/12/2019), Jakarta dan beberapa kota besar di sekitarnya sedang diterpa hujan yang cukup deras. Hal ini juga menyebabkan kondisi genangan air baik itu di bawah 30 cm maupun di atas itu, mulai banyak.

    Bagi Anda yang ingin bepergian atau sedang dalam perjalanan namun tak ingin terjebak kondisi banjir, bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi tentang kondisi banjir. Terutama informasi resmi dari NTMC Polri yang bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya.

    "Sebenarnya kalau mau tidak melewati genangan air, ya sebaiknya Anda tahu betul bahwa jalanan tersebut memang tidak pernah mengalami banjir. Tapi cara paling gampang sekarang adalah bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, twitter atau melalui aplikasi chat seperti whatsapp. Mengingat melalui media sosial ini biasanya banyak yang berbagi kondisi terkini, terutama soal banjir," ujar Bang Mamat kepada Medcom.id, salah satu pemotor yang memanfaatkan gawainya untuk mengontrol jalur yang akan Ia lalui.

    Ia juga menjelaskan bahwa metode yang Ia pakai ini juga selalu Ia lakukan ketika ada kondisi-kondisi tertentu, bukan hanya kondisi banyaknya genangan air di berbagai jalan di Kota Jakarta. Tapi juga dimanfaatkannya saat terjadi demonstrasi di titik tertentu dan kondisi keramaian lainnya.

    "Jadi sebenarnya mencari jalur melalui google maps ini sudah jadi kebiasaan sekarang. Selain untuk melakukan pengecekan secara virtual kondisi lalu lintasnya, juga berfungsi untuk mengetahui kondisi terkini di sebuah jalan. Dan itu sudah rutin saya lakukan."

    Ia juga menegaskan bahwa pentingnya membawa ragam persiapan untuk berkendara. Misalnya sepatu boots, lalu helm, jas hujan, kantong plastik untuk membungkus tas agar tidak basah dan beberapa persiapan lainnya. Lantaran Indonesia mulai November hingga April memang saatnya musim hujan.

    Saran dari Bang Mamat ini bisa jadi inspirasi. Selain membantu kita agar bisa lebih mengenali kondisi lingkungan yang akan kita lalui, juga punya alternatif jalur jika terjadi kemacetan yang diakibatkan genangan air. Kemudian juga bisa tetap melanjutkan perjalanan setelah menggunakan jas hujan dan tidak jadi penyumbat arus lalu lintas karena berlindung di bawah flyover atau jembatan layang.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id