Tips Knowledge

    Jangan Abaikan Peran Karet Bodi Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 14 Februari 2020 09:29 WIB
    Jangan Abaikan Peran Karet Bodi Mobil
    Karet bodi yang sudah aus memudahkan air merembes ke dalam kabin. Alieexpress
    Jakarta: Musim hujan sebentar lagi tiba. Ada baiknya mempersiapkan mobil kesayangan Anda agar tetap prima diajak aktivitas di segala musim. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah karet bodi atau karet pintu yang sudah aus atau rusak.
     
    Fungsi karet bodi diantaranya untuk mencegah masuknya air ke dalam mobil (water sealing). Kemudian juga mencegah angin dan debu masuk saat pintu ditutup, atau saat mobil menerobos jalanan yang banjir.
     
    Jika karet bodi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka air akan masuk ketika hujan atau saat mencuci mobil, dan jika air meresap di karpet mobil maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Akibat terburuknya bodi mobil akan cepat berkarat.

    Menurut Toha mekanik yang praktek di salah satu bengkel mobil di bilangan Jakarta Timur, masalah seperti ini biasanya dialami mobil yang sudah berusia di atas lima tahun.
    Musim Hujan Tiba, Penting Periksa Karet Bodi Mobil
    Dia juga membeberkan, karet bodi yang rusak atau sudah aus atau keras disebabkan karena faktor usia sehingga tidak lagi memiliki kelenturan. Selain itu air masuk juga bisa melalui karet penjepit kaca yang telah rusak atau tidak kedap.
     
    Untuk mencegah masuknya air, disarankan agar segera mengganti karet bodi atau karet penjepit kaca yang sudah rusak secara berkala, terutama saat musim hujan dan bagi mobil yang menerobos banjir atau genangan air.
     
    Usahakan ganti karet bodi atau karet penjepit kaca gunakan yang orisinil, selain tinggal plug in kualitasnya lebih terjamin dan lebih awet dan tahan lama.
     


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id