Kaki-Kaki Bermasalah Bikin Setir Bergetar

    Ekawan Raharja - 09 September 2019 14:45 WIB
    Kaki-Kaki Bermasalah Bikin Setir Bergetar
    Pengecekan komponen kaki-kaki terdiri dari steering rack, bushing arm, ball joint, tie rod, long tie rod, dan komponen kaki-kaki lainnya. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Depok: Banyak penyebab setir terasa tidak stabil ketika mobil sedang melaju cepat. Salah satu penyebab yang mungkin bisa menjadi masalah adalah sektor kaki-kaki yang bermasalah.

    Mekanik Bengkel Spesialis Kaki-Kaki YPS Puja Depok, Ade, menjelaskan beberapa komponen yang ada di bagian kaki-kaki bisa membuat  buruknya komunikasi setir. Bila terasa setir terasa tidak stabil, maka tidak ada salahnya melakukan pengecekan secara detail.

    “Kalau setir liar saat dikendarai bisa disebabkan komponen kaki-kaki mencapai umur, sebaiknya diganti. Biasanya diganti satu set sudah normal lagi," cerita Ade.

    Pengecekan komponen kaki-kaki terdiri dari steering rack, bushing arm, ball joint, tie rod, long tie rod, dan komponen kaki-kaki lainnya. Mengingat komponen tersebut sangat berpengaruh terhadap kestabilan roda, dan kemudian terasa sampai ke setir.

    Ade melanjutkan kaki-kaki sebaiknya diperiksa setiap enam bulan sekali. Tapi kalau mobil jarang dipakai, bisa dilakukan pengecekan setahun sekali untuk menjaga performa kaki-kaki agar tetap prima.

    “Idealnya enam bulan sekali, tapi kebanyakan membawa mobil kalau sudah rusak. Ini sih sebenarnya kebiasaan yang kurang bagus. Karena sebetulnya merawat mobil itu lebih baik melakukan perbaikan sebelum benar-benar rusak," tambahnya.

    Selain itu, sejumlah kebiasaan buruk pengemudi juga turut memperparah kondisi kaki-kaki. Seperti contoh menghantam jalan berlubang dengan kecepatan tinggi.

    “Jalan rusak dihantam saja, itu bisa cepat rusak juga kaki-kaki. Sebaiknya kalau ada jalan rusak pelan saja. Ada lubang dihindari."



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id