Trik Memilih Pedal Set Aftermarket untuk Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 20 Oktober 2019 11:03 WIB
    Trik Memilih Pedal Set Aftermarket untuk Mobil
    Hindari penggunaan pedal set yang terbuat dari bahan plat atau stainless karena permukaannya licin. Ford
    Jakarta: Menambahkan aksesoris dalam mobil kerap kali dilakukan pemilik untuk mempercantik mobil kesayangannya. Namun, terkadang para pemilik tidak mengetahui fungsi yang seharusnya dimiliki oleh aksesoris tersebut, dalam menunjang atau menggantikan kegunaan onderdil aslinya.
     
    Seperti pemasangan aksesoris pedal set (gas, rem dan kopling). Biasanya para pemilik mobil ingin tampilan interiornya bergaya sporty, atau sekedar membuatnya terlihat lebih keren.
     
    Menurut Fahmi, owner bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, mengganti atau menambahkan aksesoris dalam mobil adalah hal wajar, tapi ada beberapa catatan yang harus diketahui sebelum mengganti pedal set.

    Untuk itu Ia menyarankan, agar memilih pedal set yang terbuat dari bahan karet. Tujuannya supaya kaki tidak meleset ketika menginjak pedal, sehingga kontrol terhadap fungsi pedal tersebut bisa tetap maksimal.

    Hindari penggunaan pedal set yang terbuat dari bahan plat atau stainless, karena permukaannya sangat licin, terlebih jika dalam kondisi basah.
     
    "Boleh saja menambah atau memasang pedal set atau aksesoris yang lain, tapi gunakan yang aman dan tidak mengurangi fungsi sebenarnya komponen tersebut," terang Fahmi, kepada Medcom.id, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

    Namun ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika mengemudi, yaitu wajib mengenakan alas kaki. 
     Pilih Alas Kaki yang Aman Dipakai Saat Mengemudi
    Instruktur safety driving, Hasnul Arifin, menjelaskan mengemudi tanpa alas kaki sangat tidak aman. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan kecelakaan. "Kaki itu lama-kelamaan kan berkeringat. Saat berkeringatlah kaki menjadi licin dan bisa slip saat menginjak pedal."

    Hasnul pun berujar kalau mengemudi sebaiknya menggunakan sepatu. Dalam memilih sepatu untuk mengemudi pun jangan sembarangan. Pilihlah sepatu yang nyaman, lentut, memiliki grip dan ergonomis yang baik. Ergonomis ini dimaksudkan memiliki desain yang mengikuti bentuk kaki, sehingga nyaman ketika menginjak pedal gas, rem, dan kopling.
     
    Kemudian pilih sepatu dengan sol yang tipis. Penggunaan sol yang tipis akan membuat kaki lebih sensitif untuk menekan pedal. Terpenting adalah, jangan menggunakan sepatu berjenis long nose. Lantaran sepatu jenis ini sangat rentan untuk nyangkut di pedal-pedal pengoperasian mobil.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id