Tips Knowledge

    Trik Mudah Merawat Jok Sepeda Motor

    M. Bagus Rachmanto - 15 Maret 2020 12:12 WIB
    Trik Mudah Merawat Jok Sepeda Motor
    Jok motor rusak bikin berkendara jadi tidak nyaman. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Rusaknya sarung jok sepeda motor bisa disebabkan masa usia pakainya yang sudah terlalu lama, atau karena untuk mengangkut barang yang berat dan tajam. Terkadang, ada juga kerusakan yang disebabkan oleh cakaran hewan, seperti kucing.
     
    Jok motor yang rusak akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam berkendara, terlebih di saat hujan yang menyebabkan air bisa masuk ke dalam busa jok. Selain bikin bau, ketika duduk dipastikan bikin celana Anda basah karena busa yang kemasukan air.
     
    Jika sudah begini, disarankan untuk segera mengganti dengan yang baru. Bagi Anda yang belum pernah mengganti jok motor tak perlu khawatir masalah harga.

    Berdasarkan pantaun tim Medcom.id ke beberapa tempat servis jok motor di wilayah Jakarta Timur dan Bekasi, untuk mengganti lapisan kulit jok motor yang terbuat dari bahan sintetis, Anda hanya perlu merogoh kocek kantong sebesar Rp40 ribu-Rp80 ribu.
     
    "Ini bisa dipakai untuk semua jenis motor, harga yang paling murah Rp40 ribu untuk yang model biasa. Kalau bahan yang bagusan dan ada motifnya paling mahal Rp80 ribu," terang Tono, pemilik toko aksesoris dan servis jok motor di Bekasi, beberapa waktu lalu.
     
    Lebih lanjut Tono menerangkan, untuk memasang jok motor tak perlu waktu lama dan bisa ditunggu oleh konsumen. "Pasangnya cuma perlu waktu 15 menit."
     
    Biar lebih awet dan untuk mencegah atau mengantisipasi jok cepat robek, berikut trik mudah perawatannya.

    Bila jok tersebut bawaan dari pabrikan, alangkah baiknya pemilik lebih sering membersihkan jok dengan lap sampai bersih. Namun, bagi orang yang gemar memodifikasi, alangkah lebih baik memilih bahan kulit yang berkualitas.

    Selanjutnya, semprotkan dengan cairan pembersih khusus. Cairan sejenis itu mudah ditemukan di pasaran, tinggal pilih merek sesuai selera. Setelah disemprot dengan cairan khusus, bersihkan jok dengan lap lembut yang ditambahkan sedikit air. Lalu, bersihkan permukaan jok secara merata.

    Untuk hasil maksimal, segeralah keringkan jok dengan lap bersih. Jangan sampai ada cairan yang tertinggal di atas permukaan.

    Terkahir, saat memarkir motor, usahakan memilih tempat yang teduh tidak terkena panas dan hujan. Sebab jok, khususnya yang berbahan kulit sensitif dengan cuaca.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id