Tips Knowledge

    Penyebab dan Cara Mengatasi Yamaha Vega R Hilang Pengapian

    M. Bagus Rachmanto - 05 Juli 2020 17:43 WIB
    Penyebab dan Cara Mengatasi Yamaha Vega R Hilang Pengapian
    CDI adalah komponen pengapian yang juga patut di cek jika motor hilang kopmresi. Medcom.id
    Jakarta: Banyak hal yang menyebabkan sepeda motor mogok di jalan. Salah satu penyebabnya adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran, di sinilah motor bisa memperoleh daya gerak.
     
    Jika api hilang, maka tentu saja tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari biang keladi hilangnya api, harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul, aki dan lainnya. 

    "Hanya ini cara mendeteksi bagian mana yang rusak sehingga tak ada api," papar Yosie, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi Timur, beberapa waktu lalu.
     
    Dimulai dari busi, dimana busi bertugas memercikkan api di ruang pembakaran. Cara mendeteksinya lepas dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sehat. Jika percikan apinya merah, ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.

    Lalu cek koil, dimana umumnya koil standar motor jarang ada yang rusak. Tugas koil melipatgandakan arus listrik dari sepul atau aki yang sebesar 12 volt, menjadi ribuan volt yang disalurkan ke busi untuk memercikan api. "Perhatikan kabel positif koil karena bisa saja terlepas atau putus," saran Yosie.

    Berikutnya adalah CDI, komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.
     
    Lanjut menuju rumah kontak, bisa menyebabkan hilang pengapian jika soketnya terlepas atau ada material di dalamnya yang aus. "Gunakan tes pen untuk memastikan kondisinya, jika memang rusak maka harus ganti baru," urai Yosie.
     
    Bukan tidak mungkin Anda memasang kunci rahasia di sepeda motor berupa saklar pemutus arus listrik. Kunci rahasia ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya pengapian. Posisi kunci rahasia yang biasanya di tempat tersembunyi, mungkin terkena air, debu dan kotoran lain sehingga saklar kunci rahasia rusak.
     
    Bergeser menuju Sepul, dimana bagian ini paling jarang rusak dan sumber listrik pada sepeda motor berawal dari sini. Itulah kenapa sepul jadi komponen yang dicek paling akhir. Jika semua komponen yang disebutkan sudah diperiksa atau diganti tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan sepul yang rusak. 

    Namun adakalanya melacak komponen pengapain tidaklah mudah, lantaran sistem pengapian pada sepeda motor terdiri dari dua macam, yaitu pengapian AC dan DC. Contohnya motor bebek Yamaha Vega, mulai dari varian Vega-R hingga Vega ZR. Vega-R usung pengapian AC (bolak-balik), sedangkan Vega-ZR pengapian DC (searah). Untuk itu pengecekannya pun berbeda. 

    Lain hal Vega-ZR yang usung pengapian DC. Komponen yang mesti dicek pertama adalah aki. Kalau setrumnya tekor, rpm mesin tengah ke atas suka mbrebet.

    “Ada juga yang bisa hidup tanpa aki, namun pengapiannya dari hasil putaran sepul. Hal ini tidak disarankan. Sebab kalau tegangan nggak stabil, justru bisa bikin CDI-DC cepat rusak,” pungkas Yosie.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id