Pantang Memodifikasi Tali Helm untuk Gaya

    M. Bagus Rachmanto - 02 Agustus 2019 11:33 WIB
    Pantang Memodifikasi Tali Helm untuk Gaya
    Jangan memodifikasi tali helm, lantaran ini ada tingkat kekuatannya sendiri. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Helm untuk sepeda motor sudah didesain sedemikian rupa untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor. Bagi pemiliknya pun diharapkan untuk tidak memodifikasi bagian talinya karena sangat beresiko.
     
    Sekarang ini banyak pemilik helm yang mengganti bagian tali dan penguncinya, dari model quick release ke model double d-ring. Laman resmi Suzuki, menyebutkan kalau rata-rata yang melakukan pergantian karena mereka sudah bosan dan ingin tampil gaya.
     
    Padahal modifikasi di helm, khususnya bagian tali, tidak diperbolehkan. Karena ini berbahaya dan sisi keselamatan penggunanya bisa saja berkurang. 

    Alasan utama penggantian tali helm tidak diperbolehkan karena kualitas pengerjaan dan bahan yang dipakai untuk membuat tali helm perlu diperhatikan. Mengingat produsen helm menggunakan tali yang sudah teruji dan lulus tes. Risiko putus bisa terjadi pada talinya atau rivetnya dan hal seperti itu sudah diperhitungkan dengan detil oleh pabrikan helm.
     
    Risiko lain yang harus dihadapi mereka yang mengganti tali helmnya adalah kalau terjadi kecelakaan akan menjadi tanggungan pengguna itu sendiri. Tanggung jawab terhadap kegagalan tersebut tidak bisa ditimpakan kepada produsen pembuat helm karena pengerjaan modifikasi yang dilakukan bukan atau tidak atas rekomendasi pabrikan.
     
    Mengganti tali helm memang sangat mudah dan harga yang ditawarkan penjualnya pun terbilang terjangkau. Tapi Anda harus ingat bahwa fungsi tali helm tersebut sangat krusial untuk keamanan dan sangat disaranakan untuk tidak menggantinya sembarangan.
     
    Nah jadi jangan sembarangan mengganti tali helm kesayangan anda demi memenuhi gaya. Sisi fungsional dan keamanan lebih penting dari pada memenuhi gaya semata.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id