Mobil Matik Mogok, Gini Cara Dereknya

    Ekawan Raharja - 05 Desember 2019 14:17 WIB
    Mobil Matik Mogok, Gini Cara Dereknya
    Derek mobil matik ada caranya. Garda Oto
    Jakarta: Di tengah masyarakat, masih saja ada yang masih bingung untuk memilih mobil bertransmisi otomatis atau manual. Alasan yang menjadi pertumbangan mereka adalah mobil dengan transmisi otomatis tidak bisa diderek atau starter dorong ketika sedang mogok.

    Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Erwin Surianto, menjelaskan mobil otomatis tidak bisa diderek adalah isapan jempol belakang alias tidak benar. Cara untuk menderek mobil dengan transmisi otomatis harus melihat posisi penggerak rodanya, dan bagian itu yang kemudian di derek.

    "Kita sama-sama tahu, ada dua jenis mobil matik, yakni penggerak roda belakang dan penggerak depan. Saat derek mobil, usahakan ban yang berfungsi sebagai penggerak itu tidak menyentuh tanah," katanya.

    Menurut Erwin, sistem mekanis untuk transmisi otomatis lebih kompleks dari transmisi manual. Jadi, saat mobil otomatis diderek paksa sistem transmisi akan rusak bila sistem penggeraknya dipaksa berjalan. Berbeda dengan transmisi manual, sistem penggeraknya dibuat netral dan bisa diderek bahkan ditarik.

    Director PT Surganya Mobil Indonesia, Wing Wiryadi Joe, juga menambahkan mitos mobil bertransmisi otomatis tidak bisa diderek berkembang karena ada informasi yang tidak sempurna diterima oleh masyarakat. Bos bengkel mobil Mobeng lebih tepatnya membeberkan mobil matik yang mogok tidak bisa dihidupkan dengan cara starter dorong.
     
    "Kalau mobil manual, aki-nya lemah bisa dipancing dengan cara didorong. Kalau mobil matik tidak bisa dilakukan cara tersebut," ucap Wing kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Pria ramah itu menyarankan jika mobil matik mogok, maka segera panggil teknisi bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Jika pun harus diderek, pastikan bagian yang diangkat adalah roda penggeraknya.
     
    "Dilihat dulu roda penggeraknya dimana. Kalau penggerak roda depan maka depan yang diangkat, kalau di belakang seperti Avanza maka di belakang yang diangkat," lanjutnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id