Mengenal dan Memahami Cara Kerja Traction Control Di Motor

    Ekawan Raharja - 15 Oktober 2021 15:00 WIB
    Mengenal dan Memahami Cara Kerja Traction Control Di Motor
    Yamaha Nmax 155 Connected ABS sudah dilengkapi dengan TCS. Yamaha



    Jakarta: Sejumlah sepeda motor bermesin kecil, 250 cc ke bawah, sudah mulai mendapatkan teknologi otomotif berupa fitur traction control system untuk menjaga berkendara selama perjalanan. Sebagai contoh saja, fitur traction control system di model Yamaha Nmax 155 Connected ABS untuk memberikan kontrol selama perjalanan.
     
    Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro, menjelaskan penyematan fitur traction control system (TCS)untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Terlebih sepeda motor di bawah 250 cc sudah menjadi pilihan untuk masyarakat Indonesia bepergian sehari-hari.
     
    "Khusus untuk traction control system, fitur yang banyak dijumpai di motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin,” ungkap Antonius Widiantoro melalui keterangan resminya.
     
    Secara teknis, fitur traction control systemberfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan. 
     
    Adapun kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU, dan ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin. Cara mengurangi putaran mesin ini dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

    Halaman Selanjutnya
      Pada mode default atau…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id