Komponen Aftermarket

    Hanya Modal Kabel Bisa Kurangi Emisi Karbon Motor

    Ekawan Raharja - 27 November 2020 10:00 WIB
    Hanya Modal Kabel Bisa Kurangi Emisi Karbon Motor
    Kabel ternyata juga berpengaruh terhadap performa motor dan emisi gas buang. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Banyak yang mencibir tak percaya ketika sebuah kabel untuk mengangkat performa mesin diluncurkan. Bahkan ini dianggap sebagai sugesti saja usai mengganti kabel dan tidak memberikan pengaruh apapun
     
    Produsen kabel performa MaxxWire, PT Maju Gemilang Persada, menjawab anggapan tersebut dengan pembuktian melalui sesi pengetesan di atas mesin dyno meter dan alat pengukur emisi karbon dari knalpot. Mereka menegaskan memang agak sulit dipercaya lantaran ini hanya seutas kabel yang kelihatannya sama dari sisi fungsi. Meski menjadi piranti tambahan untuk kendaraan bermotor, namun ini berhubungan langsung dengan pasokan listrik untuk menggerakkan kendaraan. 
     
    “Kelistrikan di sebuah kendaraan mempunyai peranan yang sangat penting. Sistem kelistrikan yang kurang baik akan menyebabkan performa kendaraan tidak maksimal. Contoh paling gampang adalah ketika kita membeli headset dengan harga murah dengan yang harganya mahal, jelas kualitas audio yang kita dengan akan sangat berbeda. Nah logikanya seperti itu,” ujar Direktur PT Maju Gemilang Persada, Giman yang memproduksi kabel ini.
     

    Mengurangi Emisi CO2

    Hanya Modal Kabel Bisa Kurangi Emisi Karbon Motor

    Lantaran dibuat untuk keperluan mengangkat performa kendaraan, secara otomatis sistem kelistrikan dibuat lebih baik. Imbas lainnya adalah sistem pembakaran jadi lebih maksimal, sehingga emisi karbondioksida (CO2) dari hasil pembakaran di mesin bisa direduksi.
     
    Dari hasil pengujian yang mereka lakukan, terlihat emisi CO2 sebelum menggunakan kendaraan sepeda motor bisa di angka CO 0,87. Sementara saat diuji kembali menggunakan MaxxWire angka CO turun jadi 0,46.
     
    Tak heran jika mereka mengklaim kabel ini dihadirkan sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan penyempurnaan sistem kelistrikan kendaraan. Tidak hanya sekadar menyempurnakan sistem kelistrikan, juga menghasilkan sistem pembakaran yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan tenaga serta torsi kendaraan. Efeknya, bukaan katup gas terasa lebih ringan dan padat tenaga sejak putaran bawah.


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id