Teknologi Otomotif

    Motor Sport Masa Depan, Tak Dibekali Tuas Kopling?

    Ekawan Raharja - 01 Juni 2020 18:34 WIB
    Motor Sport Masa Depan, Tak Dibekali Tuas Kopling?
    Uniknya untuk desain transmisi semi otomatis terbarunya ini menghilangkan sistem Dual Clutch Transmission (DCT). Honda
    Tokyo: Honda terus melakukan inovasi di berbagai sisi teknologi untuk sepeda motornya. Bahkan diketahui saat ini mereka sedang mengembangkan transmisi semi otomatis terbaru untuk di motor sport.
     
    Pabrikan asal Jepang ini diketahui sedang mematenkan teknologi transmisi semi otomatis terbaru. Diketahui melalui sejumlah gambar yang beredar di dunia maya, teknologi ini coba diterapkan untuk sepeda motor sport retro CB1100 tahun 70-an.
     
    Bagi yang kurang familiar nama transmisi semi otomatis, biasanya model ini digunakan di sepeda motor model cub (bebek). Pengendara bisa memindahkan gigi cukup dengan menginjak tuas di kaki, tanpa ada tuas kopling di tangan kini.
     
    Motor Sport Masa Depan, Tak Dibekali Tuas Kopling?

    Uniknya untuk desain transmisi semi otomatis terbarunya ini menghilangkan sistem Dual Clutch Transmission (DCT). Honda tergolong ahlinya untuk teknologi DCT karena biasanya transmisi buatan mereka sudah 100 persen terkoneksi dengan ECU sepeda motor.
     
    Namun salah satu kelemahan dari DCT adalah masalah bobot. Sebagai contoh DCT di Honda Africa Twin bobotnya mencapai 10 kilogram.
     
    Sekilas di paten yang baru ini, transmisi semi otomatis ini menggunakan gearbox 6-percepatan konvensional layaknya CB1100 saat ini. Bedanya, teknologi pintar Honda ini tidak memiliki tuas kopling untuk pengendara. Tuas kopling tersebut digantikan dengan sebuah aktuator yang terletak di atas silinder slave kopling yang digunakan layaknya melepas kopling.
     
    Motor Sport Masa Depan, Tak Dibekali Tuas Kopling?

    Namun mengingat ini masih gambar mekanisme dasar, Honda belum merilis bagaimana detail transmisi terbarunya ini. Khususnya bagaimana transmisi ini terhubung dengan ECU dan pengaturannya sejauh apa.
     
    Visordown menulis bahwa Honda sudah sejak lama menjadi fans model transmisi semi otomatis. Bahkan mereka sudah menghabiskan miliaran Yen untuk pengembangan teknologi DCT.
     
    Mereka tampaknya memiliki kepercayaan transmisi model ini akan laris dipasaran seperti yang terjadi di mobil. Mereka berharap tuah yang ada di mobil bisa juga terjadi di sepeda motor.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id