Motor Listrik

    Motor Listrik Buatan Mahasiswa Masuk Sentul, Segini Top Speed-nya

    Ekawan Raharja - 16 Februari 2021 12:00 WIB
    Motor Listrik Buatan Mahasiswa Masuk Sentul, Segini Top Speed-nya
    Uji coba BL-SEV01 di Sirkuit Sentul Bogor. UBL



    Jakarta: Universitas Budi Luhur sukses memperkenalkan sepeda motor listrik terbarunya yang diberi nama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bulan lalu. Kini untuk mengetahui sejauh mana performa yang dihasilkan oleh motor sport listrik ini, kampus yang berlokasi di Jakarta Selatan tersebut langsung melakukan uji coba pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

    Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul. Sepeda motor tanpa emisi gas buang ini dipacu semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai tolak ukur awal pengembangan BL-SEV01.
     
    Uji coba dilakukan dengan menggandeng pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang sudah memiliki pengalaman turun di berbagai kejuaraan nasional. Pembalap kelahiran tahun 1993 ini sudah turun dan menjuarai beberapa kejuaraan nasional mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain. Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan agar kuda besi bergaya cafe racer tersebut dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.
     
    Motor Listrik Buatan Mahasiswa Masuk Sentul, Segini Top Speed-nya




    “Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester rider. Nantinya tester rider akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik. Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” ungkap Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, melalui keterangan resminya.
     
    Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Kemudian baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam.

    Halaman Selanjutnya
      Hasil uji coba pertama…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id