Otopet Listrik Tak Aman di Jalan Raya? Ini Kata Instruktur Safety Riding

    Ekawan Raharja - 22 November 2019 18:21 WIB
    Otopet Listrik Tak Aman di Jalan Raya? Ini Kata Instruktur Safety Riding
    Warga memanfaatkan pelayanan sewa skuter listrik di kawasan Menteng, Jakarta. AntaraFOTO/Risky Andrianto.
    Jakarta: Otopet listrik belakangan ini cukup ramai digunakan warga Jakarta di jalan-jalan raya. Padahal, jalan raya bukanlah area yang aman untuk mengendarai otopet listrik.

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan jalan raya bukan lokasi yang tepat untuk mengendarai otopet listrik. Sebaiknya menggunakan alat transportasi personal ini di daerah komplek atau area tertutup.

    "Kecepatan otopet listrik di bawah 40 kilometer per jam. Jadi idealnya yang aman digunakan di daerah komplek atau area tertutup," beber Sony Jumat (22/11/2019) kepada Medcom.id.

    Ketidaksamaan kecepatan otopet listrik dengan rata-rata kendaraan lainnya di jalan raya membuat alat transportasi personal ini tidak aman. Dia menyebutkan untuk kendaraan di jalan raya biasanya memiliki kecepatan 40-60 kilometer per jam.

    Selain itu, otopet listrik juga belum diatur dan masih baru bagi masyarakat Indonesia. Sebagai perbandingan dengan sepeda motor yang sudah memiliki peraturan dan diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) masih memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi.

    "Menurut saya otopet listrik masuk kategori mainan sebelum ada izin resmi. Karena itu (otopet listrik) juga bagus sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan, sebaiknya segera dibuatkan regulasi dan fasilitas jalannya," ungkap Sony.

    Bahaya menggunakan otopet listrik di jalan raya memang sudah terbukti. Baru-baru ini dua orang pengguna otopet listrik, Ammar (18) dan Wisnu (18), tewas akibat akibat tertabrak Toyota Camry di sekitar FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu dini hari, 10 November 2019. Saat itu kedua korban sedang menggunakan skuter listrik GrabWheels.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id