Klub dan Komunitas

    Standar MSF untuk Memastikan Perjalanan Touring Aman

    Ekawan Raharja - 06 November 2019 08:06 WIB
    Standar MSF untuk Memastikan Perjalanan Touring Aman
    H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter gunakan standar tinggi untuk touring tahunan ke Bali. H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter
    Jakarta: Harley Owners Group (H.O.G.) Anak Elang Jakarta Chapter berencana untuk melakukan touring jarak jauh, dari Cikampek hingga Bali dengan menggunakan sepeda motor. Mengingat perjalanan ini sangat jauh, komunitas motor gede (moge) ini sangat mengedepankan soal keselamatan untuk menjamin perjalanan yang aman dan nyaman.

    Demi berlangsungnya touring yang aman dan nyaman, komunitas motor Amerika itu memasang standar yang tinggi selama touring berlangsung. Standar touring tersebut diantaranya, safety first trip management dimana komunitas ini mengacu kepada standar yang direkomendasikan oleh MSF (Motorcycle Safety Foundation) dalam merancang perjalanan. Seperti penentuan checkpoint untuk memastikan peserta selalu dalam kondisi prima dan bebas dari kelelahan (fatigue).  

    Disamping itu, mereka juga menyediakan supporting team untuk menambah jaminan keselamatan dan kenyamanan perjalanan. Tim pendukung yang mengiringi perjalan touring para HOGers di antaranya patroli pengawalan (PATWAL), hingga ambulans yang lengkap dengan tim medis (dokter dan perawat) yang tidak hanya bertugas dalam menangani korban kecelakaan, melainkan juga siap untuk memeriksa kondisi fisik peserta, dan memberikan rekomendasi untuk melanjutkan perjalanan atau tidak jika dibutuhkan. 

    "Sebagai komunitas resmi, kami mendapatkan dukungan dari authorized dealer Anak-Elang Harley-Davidson of Jakarta. Salah satu bentuknya yaitu dengan ditugaskannya mekanik yang siap membantu peserta yang mengalami masalah dengan motornya dalam perjalanan, lengkap dengan towing car yang siap menggendong sepeda motor peserta jika diperlukan," ungkap Director H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter, Suherli, melalui keterangan resminya.

    Standar MSF untuk Memastikan Perjalanan Touring Aman

    Untuk membawa peserta yang sepeda motor diangkut oleh towing car, backup car yang nyaman pun disediakan. Ada setidaknya masing-masing satu buah backup car, towing car, dan ambulans untuk menemani satu grup yang terdiri dari maksimal 30 peserta. Tim pendukung lain yang tak kalah penting adalah refreshment car serta luggage car yang senantiasa membuat perjalanan touring tetap nyaman dan bebas repot. 

    Standar lain yang kerap dijaga oleh komunitas yang berbasis di Kelapa Gading, Jakarta Utara, adalah penunjukan para member terpercaya untuk bertugas sebagai touring officer. Menjadi petugas touring harus handal dalam berkendara. Hal ini tidak hanya didapatkan dari pengalaman, melainkan juga dari pelatihan khusus yang berada di atas standar pabrikan yang secara rutin digelar.

    Para bikers ini akan memulai perjalanan pada 4 Desember dari Cikampek, dan transit di beberapa daerah seperti Solo, Jember, dan diperkirakan akan sampai pada 7 Desember 2019. Di Pulau Dewata nantinya sudah dipersiapkan pesta meriah dan gala dinner dengan mengundang berbagai musisi besar untuk memeriahkan acara.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id