Industri Otomotif

    Sepenggal Kisah Menarik Suzuki RGR 150 di Pasar Otomotif Nasional

    M. Bagus Rachmanto - 21 Maret 2020 18:36 WIB
    Sepenggal Kisah Menarik Suzuki RGR 150 di Pasar Otomotif Nasional
    Suzuki RGR 150 Spinter. Suzuki
    Jakarta: Meluncur di pasar otomotif nasional awal 1990-an, Suzuki RGR 150 mampu menyedot perhatian para pecinta motor sport. Saat itu Suzuki RGR 150 Spinter jadi generasi pertama RGR 150.

    Tampilan motor bergaya balap dengan fairing setengah telanjang lengkap dan pelindung mesin alias under cowl, membuat RGR 150 Spinter ini kian digandrungi kaum muda pada zamannya. 

    Tak hanya desain tampilan, fitur lain di RGR 150 Spinter yang juga memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi mereka yang senang memacu kecepatan adalah mesin 150 cc yang saat itu diusungnya memiliki performa lebih besar dari kompetitor sekelasnya yang hanya mengusung mesin 135 cc. Terlebih adanya sistem suspensi belakang yang sudah monoshock tidak lagi model ganda.

    Yang disebut paling menarik dari Suzuki RGR 150 Spinter adalah penyematan teknologi yang terbilang tinggi di zamannya. Beberapa yang terekam ialah teknologi Suzuki Intake Pulse Control (SIPC) dan Suzuki Super Scavenging System (SSS). 

    Teknologi SIPC tugasnya mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Sedangkan SSS tugasnya memberi asupan udara lebih besar ketika mesin meraung di rpm tinggi.

    Sayangnya, kejayaan RGR 150 Spinter hanya bertahan dua tahun saja, lantaran Suzuki menyetop produksi 150 Spinter pada 1992. Setahun kemudian lahir generasi kedua, yaitu RGR 150 Crystal yang diperkenalkan pada 1993. 

    Perbedaan mencolok RGR 150 Crystal dengan generasi sebelumnya terlihat pada desain lampu belakang dan penampahan full fairing. Bernasib sama, RGR 150 Crystal juga tidak terlalu lama. Pada 1995 Suzuki menghentikan produksi generasi kedua itu, untuk digantikan dengan RGR 150 generasi ketiga, yaitu Suzuki RGR 150 Tornado (1995-1997).

    Disebut Tornado karena lampu belakangnya punya desain yang diklaim lebih modern dan mirip tornado. Secara keseluruhan, penampakann bodi Suzuki RGR 150 Tornado juga dibilang lebih bulat dari dua generasi pendahulunya. Tornado pun jadi bagian sejarah singkat salah satu motor sport legendaris garapan Suzuki. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id