Berkendara Sepeda Motor Bagus untuk Kesehatan Badan dan Pikiran

    Ekawan Raharja - 12 Desember 2019 15:06 WIB
    Berkendara Sepeda Motor Bagus untuk Kesehatan Badan dan Pikiran
    Berpergian dengan sepeda motor bagus untuk kesehatan badan dan pikiran. Forwot

    Amerika Serikat: Berkendara sepeda motor menjadi hobi sebagian kalangan masyarakat dunia, termasuk para pecinta otomotif roda dua di Indonesia. Bahkan kegiatan berkendara dengan sepeda motor memiliki efek terhadap kesehatan badan dan Pikiran.

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Neuroscience and Human Behaviour (INHB) menyimpulkan berkendara sepeda motor itu memiliki kadar stress yang rendah dan lebih menyenangkan dibandingkan bepergian dengan mobil. Hasil studi juga menunjukan bahwa berkendara sepeda motor memiliki efek yang bagus bagi kesehatan badan dan pikiran pengendaranya.


    INHB melibatkan 50 pengendara sepeda motor dan 50 pengemudi mobil dalam penelitiannya tersebut. Mereka diminta berkendara selama 20 menit dalam kondisi sama.

    Selama tes, tim peneliti mengukur detak jantung, kortisol dan level adrenalin. Hasilnya, mengendarai sepeda motor menghasilkan peningkatan kadar adrenalin, detak jantung, serta penurunan kadar kortisol.

    Hal inilah yang dapat membakar jumlah kalori. INHB menjelaskan berkendara sepeda motor dapat membakar 170-600 kalori per jam. Jumlah itu setara dengan latihan di gym selama satu jam.

    Selain itu, peneliti juga menemukan yakni tingkatan stres pengendara sepeda motor lebih rendah ketimbang pengemudi mobil. Hormon kortisol yang dilepaskan oleh otak ketika cemas lebih sedikit 28 persen dibanding pengemudi mobil, selama tes dilakukan. Bahkan, berkendara motor bisa mengurangi tingkat stres.

    Tapi kalau menurut warganet, lebih stress mana berkendara sepeda motor atau mobil di tengah kemacetan Jakarta?





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id