Aksesoris Berkendara

    Teknologi Filter AC, Kini Terdapat di Masker Ferrox PM 2.5

    Ahmad Garuda - 23 Desember 2019 17:14 WIB
    Teknologi Filter AC, Kini Terdapat di Masker Ferrox PM 2.5
    Ferrox PM 2,5 pasang teknologi filter AC di masker untuk bikers. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Produsen filter aftermarket otomotif, Ferrox, tak puas hanya bermain di filter udara untuk mesin dan kabin kendaraan saja. Mereka juga cukup konsep terhadap kenyamanan dan keselamatan para pengendara roda dua dengan menciptakan masker khusus yang mampu menangkal ragam polusi udara dan radikal bebas.

    Mengingat dalam jangka waktu tertentu bisa berakibat buruk pada kesehatan manusia. Ferrox yang dibawahi PT Prima Semesta Asia, pun memperkenalkan masker buat bikers dengan kode PM 2.5. Produk menggunakan material Zorflex Carbon Filter Composite. Material yang sama digunakan untuk produk filter AC mobil.

    Desain Masker Biker PM 2.5 merupakan masker tipe Duckbill menggunakan sistem dua model lapisan filter, material filter luar menggunakan busa lembut model ear loop sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai dan sebagai tempat memasang filter inti Ferrox PM 2.5.

    Lapisan bagian dalam sebagai filter inti berwarna putih memiliki kandungan karbon aktif diproduksi dari material Zorflex Carbon Fiber Composite. Material ini dipasang menggunakan teknologi terbaru Electrostatic Spraying mampu menyaring beragam polusi udara dan radikal bebas. Tentu agar bau tidak sedap mulai dari asap knalpot kendaraan, bau sampah organik hingga bau asap rokok, racun, bakteri, virus, serbuk sari, mikroorganisme hingga debu bisa tersaing dengan baik.

    Debu yang bentuknya partikulat halus melayang di udara atau biasa disebut Partikulat Matter 2.5 memiliki ukuran setara dengan 30 lebih kecil dari ukuran rambut manusia, bisa tersaring.

    Uniknya, ketika digunakan pun diklaim tak meninggalkan 'bekas masker' pada wajah dan yang terpenting adalah memiliki daya tahan penyaringan udara yang sangat baik.

    “Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh para biker mereka merasa tetap nyaman saat berkendara, baik saat menggunakan helmet half face maupun full face. Sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik, kontaminasi udara seperti bau asap knalpot kendaraan tidak tercium,” buka Sales Manager PT PSA, Teng Hery saat mengenalkan produk barunya itu hari ini, Senin (23/12/2019).

    Filter inti di lapisan kedua dengan ciri berwarna putih memiliki kinerja secara optimal menyaring polusi udara dan radikal untuk pemakaian dalam jangka waktu selama tiga bulan untuk beragam aktivitas. “Meskipun pada saat dilakukan pengujian, filter inti ini memiliki daya tahan hingga enam bulan pada penggunaan secara mormal dan dilakukan perawatan secara benar.”

    Pada bagian filter inti dilengkapi dengan perekat sehingga memberikan kemudahan untuk melepas ataupun memasangnya pada filter luar saat melakukan perawatan. Apabila pada bagian filter inti terkena air atau basah oleh cairan seperti keringat dan air liur hanya boleh dilakukan perawatan dengan cara dikeringkan dengan bantuan kipas angin, mesin pengering rambut atau dijemur.

    “Jika filter inti dicuci dikhawatirkan bisa merusak struktur kandungan karbon aktif sehingga kinerja penyaringan udaranya menjadi tidak optimal.”

    Keunggulan lain dari desain filter intinya bisa dipasang untuk berbagai masker model Duckbill sesuai kebutuhan penggunanya seperti dipasangkan dengan masker model head loop (masker hijab) atau sebagai pengganti lapisan filter masker model respirator.

    Lantaran menggunakan teknologi filter untuk kabin mobil, wajar jika banderolnya pun cukup tinggi yaitu Rp75.000 per unit. Sayangnya, perlengkapan untuk bikers ini baru dijual secara resmi di Indonesia awal Januari 2020. Dengan melihat spesifikasi tersebut, tentu hanya masker khusus untuk gas kimia yang jadi rivalnya. Namun siap-siap untuk membayar lebih untuk masker khusus dan juga dimensi besar yang tak bersahabat untuk digunakan para bikers.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id