Industri Sepeda

    IKM Alat Angkut Harus Ambil Bagian di Industri Sepeda

    Ekawan Raharja - 03 Desember 2020 18:00 WIB
    IKM Alat Angkut Harus Ambil Bagian di Industri Sepeda
    Gati Wibawaningsih mengunjungi pabrik United Bike. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Citeureup: Tingginya permintaan pasar sepeda di dalam negeri juga berefek kepada perkembangan industri sepeda di Indonesia. Pemerintah berharap besarnya 'kue' yang disediakan oleh industri sepeda juga turut dirasakan oleh Industri Kecil dan Menengah (IKM) alat angkut.

    Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, menyebutkan adanya lonjakan minat masyarakat terhadap sepeda di dalam negeri. Tapi di lain sisi dia menilai pemenuhan komponen dan aksesoris sepeda dari rantai pasok global menjadi tantangan dimana industri sepeda di dorong untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang digunakan.

    "Dalam mencari supplier yang tepat, industri sepeda masih menghadapi keterbatasan akses informasi mengenai keberadaan dan kemampuan industri dalam negeri. Padahal, setidaknya ada 350 industri kecil dan menengah (IKM) alat angkut yang tersebar di sentra-sentra produksi merupakan pemasok bagi industri otomotif nasional sebagai tier 2 dan tier 3," ungkap Gati Wibawaningsih kamis (3/12/2020) di Pabrik United yang berlokasi di Bogor.

    Dia menilai para IKM alat angkut ini sudah memiliki standar kualitas yang konsisten dan bisa untuk menyuplai komponen yang memenuhi standar. Sehingga memiliki potensi untuk dapat berperan di dalam rantai pasok industri sepeda nasional. 

    Memaksimalkan penggunaan komponen lokal, menurut Gati Wibawaningsih, selaras juga dengan rencana pemerintah dalam pemenuhan target substitusi impor sebesar 35 persen di tahun 2022.
    Halaman Selanjutnya
    Dia bercerita nilai impor di…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id